Detail Toyota Raize Mulai dari Mesin hingga Fitur Hiburan di Dalam Mobil

Selasa, 16 Februari 2021 - 09:20 WIB
loading...
Detail Toyota Raize Mulai dari Mesin hingga Fitur Hiburan di Dalam Mobil
SUV kompak, yang laris dijual di Jepang, Toyota Raizer adalah saudara tiruan dari Daihatsu Rocky yang telah diluncurkan sebelumnya di Tokyo Motor show 2019. Foto/Auto Autocar India
A A A
NEW DELHI - Toyota telah membuat pelaku otomotif dunia mengerutkan dahinya dengan kehadiran SUV sub-empat meter terbarunya, Toyota Raize , yang merupakan model internasional.

SUV kompak , yang laris dijual di Jepang, adalah saudara tiruan dari Daihatsu Rocky yang telah diluncurkan sebelumnya di Tokyo Motor show 2019. Laman Autocar India menilai secara teknis, ini adalah 'SUV kompak' pertama Toyota.
Detail Toyota Raize Mulai dari Mesin hingga Fitur Hiburan di Dalam Mobil

Toyota Raize bukanlah SUV pertama merek yang panjangnya di bawah empat meter. Di pasar domestiknya, Toyota membuat banyak mobil Kei, yang mematuhi undang-undang Jepang untuk mobil kecil (panjang di bawah 3,4 meter, mesin 660 cc yang menghasilkan tidak lebih dari 64hp (tenaga kuda), dan lainnya. Yang membuat Toyota Raize agak unik adalah panjangnya yang 3,995 mm, lebar 1,695 mm dan tinggi 1,620 mm, sehingga membuatnya seukuran dengan Hyundai Venue, Maruti Suzuki Vitara Brezza, dan Tata Nexon.

Jarak sumbu roda 2.525 mm dan ground clearance 185 mm dari Raize juga setara dengan segmennya, begitu pula dengan velg dual-tone 17 inci yang ditawarkan dengan varian spesifikasi teratas (trim bawah mendapatkan velg atau alloy 16 inci baja).

Meskipun Raize bukanlah Toyota pertama yang menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) -turunan berbiaya rendah dari modular Toyota New Global Architecture untuk pasar negara berkembang- ini adalah SUV pertama merek yang didukung olehnya. Kata kuncinya di sini adalah 'pasar berkembang' tetapi lebih dari itu nanti.
Detail Toyota Raize Mulai dari Mesin hingga Fitur Hiburan di Dalam Mobil

Ada Mesin Bensin Turbo
Untuk pasar Jepang, Raize didukung oleh mesin bensin 1.0 liter tiga silinder turbocharged. Mesin 996 cc ini disetel untuk menghasilkan 98hp pada 6.000 rpm dan torsi 140Nm pada 2.400-4.000 rpm dan dipasangkan dengan gearbox otomatis CVT.

Untuk menempatkan angka-angka ini dalam perspektif, mesin bensin 1.0 liter Venue dan EcoSport masing-masing menghasilkan 120hp/172Nm dan 125hp/170Nm, sedangkan XUV300 dan turbo-bensin 1.2 liter Nexon yang lebih besar menghasilkan masing-masing 110hp/200Nm dan 110hp/170Nm.

Apa yang Toyota Raize dapatkan, setidaknya untuk pasar Jepang, adalah sistem penggerak empat roda opsional, yang merupakan fitur umum pada mobil kecil Jepang. Pada siklus mengemudi WLTC, model 2WD memiliki rating 18.6kpl sedangkan 4WD memiliki rating 17.4kpl, berkat sistem start-stop engine yang menjadi standar.

Mobil SUV Kaya Fitur
Detail Toyota Raize Mulai dari Mesin hingga Fitur Hiburan di Dalam Mobil

Dalam hal fitur, teknologi, dan kenyamanan makhluk yang ditawarkan, Toyota Raize tidak diragukan lagi memiliki desain yang bagus. Fitur keselamatan meliputi enam airbag, kontrol traksi dan kontrol stabilitas elektrik, ABS dengan EBD, bantuan hill-start, bantuan jalur tetap, sistem pemantauan titik buta, lampu depan otomatis adaptif dengan fungsi pembengkokan statis, sensor parkir depan dan belakang, pengereman otonom, kamera 360 derajat, dan peringatan lalu lintas lintas belakang.

Varian spesifikasi yang lebih rendah hadir dengan sistem infotainment layar sentuh 7,0 inci yang berdiri bebas pada dasbor hitam dan perak, meskipun trim spesifikasi lebih tinggi mendapatkan unit 9,0 inci yang lebih besar. Keduanya mendapatkan kompatibilitas Apple CarPlay dan rangkaian konektivitas Toyota Smart Device Link (yang mencakup Bluetooth dan bentuk integrasi ponsel cerdas lainnya). Aplikasi navigasi Toyota -T-Connect- juga ditawarkan dengan kedua sistem.

Sorotan utama dari Raize adalah kluster instrumennya yang terbagi menjadi dua bagian -speedometer digital LED (dengan pengukur bahan bakar di bawah) dan layar warna TFT 7,0 inci yang dapat dikonfigurasi dalam empat mode.
Detail Toyota Raize Mulai dari Mesin hingga Fitur Hiburan di Dalam Mobil

Keyless entry and go, push-button start, automatic climate control, pemanas kursi depan, port USB di depan dan belakang, empat speaker dan dua tweeter dan kontrol audio yang dipasang di kemudi adalah bagian dari paket pada versi Raize spesifikasi teratas.

Lampu depan LED, lampu belakang, lampu kabut, DRL, dan indikator dinamis mirip Audi juga ditawarkan Toyota Raize. Toyota menawarkan delapan pilihan warna cat monoton -putih, hitam, perak, merah, krem, kuning, biru tua dan pirus- bersama dengan tiga corak warna ganda- perak dan hitam; putih dan hitam; dan pirus dan hitam.

Praktis untuk Ukurannya
Toyota, mengatakan, mereka menargetkan pelanggan yang ingin mengendarai SUV, yang ingin memuat mobil mereka dengan banyak barang bawaan. Tetapi juga membutuhkan mobil yang ringkas dan mudah dikendarai.
Detail Toyota Raize Mulai dari Mesin hingga Fitur Hiburan di Dalam Mobil

Dalam upaya untuk memenuhi ringkasan ini, Raize hadir dengan kapasitas 369 liter dan kursi belakang lipat terpisah 60:40. Untuk menambahkan lebih banyak kepraktisan ke area boot, ada papan dek yang dapat dipindahkan (dan dapat dilepas) yang membebaskan lebih banyak ruang. Ada juga banyak bilik dan ruang penyimpanan di sekitar kabin untuk menyimpan gelas, botol, smartphone, kacamata hitam, dan bahkan sepatu.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1913 seconds (0.1#10.140)