Toyota Akan Hadirkan Mobil PHEV dan Listrik Tanpa Baterai Besar

Senin, 15 Februari 2021 - 00:15 WIB
loading...
Toyota Akan Hadirkan  Mobil PHEV dan Listrik Tanpa Baterai Besar
Ilustrasi Mobil Listrik Toyota, FOTO/ IST
A A A
TOKYO - Toyota akan memperkenalkan dua model mobil listrik (EV) dan satu model Hybrid Plug-in (PHEV) ke pasar AS tahun ini.

Hal itu diumumkan Toyota dalam presentasi pekan lalu. Salah satu EV tersebut adalah SUV. Produsen mobil Jepang itu juga menyatakan bahwa mereka menetapkan target 40 persen model baru kendaraan listrik pada tahun 2025 dan hampir 70 persen pada tahun 2035.

Toyota juga sedang sibuk mengembangkan platform khusus untuk penggunaan EV di masa depan.

Pengumuman itu dilihat sebagai tanggapan terhadap pemerintahan Joe Biden yang menyerukan diversifikasi kendaraan listrik dalam upaya mengurangi emisi.

Toyota yang memelopori teknologi hybrid menyatakan, menurut risetnya, model PHEV sama-sama lebih bersih dan murah dibandingkan EV. Namun hal tersebut tergantung dari tingkat kebersihan pembangkit listrik di wilayah tertentu.

Logam seperti litium yang digunakan dalam baterai perlu ditambang, sedangkan kegiatan penambangan menjadi salah satu sumber pencemaran.

"Kami yakin cara tercepat untuk mengurangi gas rumah kaca di sektor transportasi adalah dengan menawarkan pilihan kendaraan rendah karbon kepada konsumen," kata Kepala Ilmuwan Toyota Gill Pratt.



Menurut Pratt Toyota juga tidak perlu memiliki baterai yang besar dan dapat menempuh jarak sejauh 480km sekali diisi. Pasalnya, rata-rata perjalanan pulang pergi AS hanya sekitar 52 km.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2337 seconds (0.1#10.140)