Pandemi Covid-19 Membuat Layanan Daring Auto2000 Meroket

Rabu, 24 Februari 2021 - 19:06 WIB
loading...
Pandemi Covid-19 Membuat Layanan Daring Auto2000 Meroket
Martogi Siahaan, CEO Auto2000, saat konferensi pers Google Year In Search secara virtual, belum lama ini.
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 telah mengubah sistem penjualan dan layanan di Auto2000. Perilaku pelanggannya pun kini cenderung berubah dari luring ke daring.

Untuk menyesuaikan diri, Auto2000 melakukan transformasi bisnis dengan meluncurkan Digiroom, di tengah merebaknya pandemik pada Maret tahun lalu.



Digiroom merupakan platform e-commerce otomotif resmi pertama di Indonesia, yang melayani pembelian dan purna jual kendaraan Toyota secara daring dengan seamless O2O experience.

Hampir satu tahun layanan ini diluncurkan, Digiroom diklaim terus mengalami peningkatan trafik signifikan. Penjualan Auto2000 dari digital terus meningkat, khususunya sekitar Juni hingga Desember 2020.

Auto2000 melihat ada beberapa kebiasaan yang dilakukan pelanggannya dalam membeli mobil. Misalnya, pelanggan melakukan riset mobil yang diinginkan secara daring, melakukan pembelian secara luring.

Ada juga konsumen yang melakukan riset di Digiroom, lalu melalukan down payment secara daring, kemudian datang ke showroom untuk melakukan pembayaran selebihnya.

Kebiasaan pelanggan Auto2000 yang lain adalah melakukan proses pembelian dan pembayaran penuh melalui daring, kemudian tinggal menunggu pengiriman kendaraa.

"Paling banyak konsumen melakukan riset di online, lalu datang ke showroom untuk konfirmasu. Ini menghemat waktu, karena pelanggan hanya butuh 1 atau 2 kali saja datang ke showroom untuk membeli kendaraan," ungkap Martogi Siahaan, CEO Auto2000, saat konferensi pers Google Year In Search secara virtual.

Pelanggan yang melakukan kebiasaan tersebut sangat besar, jumlahnya sekitar 80%-90% dari total penjualan mobil di Auto2000. Sementara sisanya adalah yang melakukan transaksi penuh secara daring.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1501 seconds (0.1#10.140)