Porsche Mau Ikutan Formula 1 Lagi Asal Bensin-E Diterapkan

Sabtu, 06 Maret 2021 - 09:00 WIB
loading...
Porsche Mau Ikutan Formula 1 Lagi Asal Bensin-E Diterapkan
Porsche 99EX adalah mobil andalan Porsche di ajang balap mobil listrik, Formula E. Foto/IST
JAKARTA - Porscheberencana ikut dalam kompetisi balap Formula 1 pada 2025. Asalkan regulasi baru yang akan diterapkan Formula 1 menerapkan e-fuel atau bensin-e yang minim emisi. Diketahui Porsche memang tengah fokus mengembangkan e-fuel atau bensin-e yang mereka klaim sebersih energi listrik dan minim emisi.

Porsche memang sangat berharap agar Formula 1memilih menggunakan bensin-e ketimbang bahan bakar yang mereka gunakan saat ini. Peluang tersebut memang ada karena Formula 1 memang sedang menggodok regulasi baru Formula dimana penggunaan bahan bakar baru akan masuk dalam pertimbangan demi misi penyelamatan lingkungan.

Baca juga : Perdana, Ini Dia Bentley Klasik Listrik Pertama di Dunia

Berbicara pada BBC Sport, Porsce Motorsport Vice-President Fritz Enzinger mengatakan akan jadi hal yang sangat baik jika Formula 1 mempertimbangkan aspek keberlanjutan lingkungan hidup di kompetisi Fomrula 1. Oleh karena itu mereka sangat berharap agar penggunaan bensin-e bisa diterapkan dalam kompetisi balapan mobil paling prestisius itu.

"Jika aspek ini bisa dipastikan, kami akan mengevaluasi sikap kami dan menentukan langkah selanjutnya," ujcap Fritz Enzinger.



Diketahui saat ini Porsche memang terlibat dalam balap mobil listrik Formula E World Championship. Selain itu mereka juga akan kembali di ajang balap ketahanan mobil Le Mans 24 Hours pada 2023 nanti.

Meski demikian Porsche memiliki nama yang harum di dunia Formula 1. Mereka pernah menjadi konstruktor terbaik Formula 1 pada 1962. Hanya saja saat itu mereka juga memutuskan berhenti dari Formula 1.

Baca juga : Mobil Nasional Vietnam akan Buka Pabrik di Amerika Serikat

Mereka kemudian kembali lagi ke Formula 1 pada 1983. Hanya saja saat itu mereka hanya memberikan mesin V6 buatan Porsche yang digunakan oleh tim balap Formula 1 McLaren. Berkat mesin itu McLaren berhasil menjuarai ajang Formula 1 tahun 1984 dan 1986.

Pada 1991 mereka juga pernah memberikan mesin untuk tim Footwork. Hanya saja saat itu hasil yang diberikan justru bertolak belakang dengan apa yang diraih Porsche bersama McLaren.
(wsb)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE