Royal Enfield Jadi Perusahaan Roda Dua Paling Bersih dalam Proses Produksi

Selasa, 16 Maret 2021 - 18:45 WIB
loading...
Royal Enfield Jadi Perusahaan Roda Dua Paling Bersih dalam Proses Produksi
Proses pembuatan motor Royal Enfield disebutkan tergolong bersih. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Kanal YouTube otomotif roda dua, Fort Nine baru-baru ini menyebut bahwa perusahaan motor asal India, Royal Enfield merupakan perusahaan roda dua paling bersih dalam proses produksi. Penyebutan itu bukan tanpa alasan, Fort Nine melakukan kerja sama dengan sebuah laboratorium, yang namanya sengaja tidak disebut demi independensi, untuk menemukan pabrikan roda dua mana yang paling bersih dalam memproduksi motor.



Cara penentuan sangat mudah. Laboratorium itu meminta Fort Nine mengirimkan oli yang pertama kali dikeluarkan oleh motor-motor baru saat menjalani servis pertama. "Kami kemudian meminta kepada penonton kami untuk mengirimkan contoh oli yang ada di dalam motor mereka saat menjalani servis pertama disertai dengan bukti tanda servis pertama," ucap Ryan dari Fort Nine.

Royal Enfield Jadi Perusahaan Roda Dua Paling Bersih dalam Proses Produksi


Permintaan itu ternyata disambut positif oleh subscriber Fort Nine. Total ada 12 contoh oli pertama dari berbagai motor baru seperti Royal Enfield, BMW, KTM, Yamaha, Kawasaki, Honda, Triumph, Suzuki, Harley-Davidson, Aprilia dan Ducati. Bahkan salah satu subscriber dari China mengirimkan sample oli pertama yang ada di motor baru buatan perusahaan motor China, Yin Xiang.

Ryan dari Fort Nine mengatakan pengambilan contoh oli pertama yang ada di dalam motor memang jadi salah satu metode yang pas untuk menentukan bersih atau tidaknya proses manufakturing motor. Pasalnya kerja massal pembuatan motor akan meninggalkan celah dengan terjebaknya beberapa materi ke dalam mesin motor.

"Jadi sangat wajar jika perusahan motor meminta kita untuk selalu melakukan pergantian oli secara rutin," jelasnya.

"Setelah terkumpul kami kemudian mengirimkannya ke laboratorium tersebut. Total waktu penelitian dilakukan mencapai tujuh bulan," sambungnya lagi.

Hasilnya ternyata proses manufaktur yang dilakukan oleh ke-12 pabrikan motor tersebut memang tidak seratus persen bersih. Ada beberapa partikel dalam ukuran lebih dari 5 mikron yang ditemukan ketika contoh oli tersebut diteliti. Hanya saja dari semuanya, Royal Enfield justru menjadi salah satu perusahaan motor dengan tingkat kebersihan proses manufaktur yang sangat tinggi dengan keberadaan partikel lebih dari 5 mikron dengan sebanyak 62.808 partikel.


Royal Enfield Jadi Perusahaan Roda Dua Paling Bersih dalam Proses Produksi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1946 seconds (0.1#10.140)