Polisi Portugal Ubah Nissan GT-R Sitaan Jadi Mobil Pengantar Organ

Minggu, 21 Maret 2021 - 07:00 WIB
loading...
Polisi Portugal Ubah Nissan GT-R Sitaan Jadi Mobil Pengantar Organ
Nissan GT-R memiliki tenaga maksimal 565 daya kuda yang membuat mobil ini mampu berakselerasi dari diam hingga 100 kilometer per jam dalam waktu 2,8 detik. Foto/IST
A A A
PORTUGAL - Kepolisan Portugal, Guarda Nacional Republicana (GNR) mengalihfungsikan Nissan GT-R dengan tugas mulia. Alih-alih tidak digunakan, karena jadi sitaan, mobil dengan tenaga maksimal 565 daya kuda itu justru kini difungsikan untuk mengantar organ tubuh yang dibutuhkan oleh pasien.



Melalui akun Facebook resmi mereka,GNR mengatakan Nissan GT-R tersebut telah lama disita karena tindakan kriminal. Masa penyitaan pun berakhir ketika GNR melihat mobil buatan Jepang itu memiliki potensi untuk jadi kendaraan yang tepat untuk mengantar organ tubuh yang dibutuhkan oleh pasien.

Mereka sendiri mengubah eksterior mobil itu sehingga mirip mobil kepolisian Portugal atau GNR. Hanya saja ada tambahan keterangan Transporte de Orgaos yang menandakan tugas mobil ini adalah hanya mengantarkan organ tubuh ke rumah sakit.


Polisi Portugal Ubah Nissan GT-R Sitaan Jadi Mobil Pengantar Organ


GNR sendiri mengatakan bahwa dalam kurun waktu 10 tahun ini, pihaknya sudah mengirimkan 2.836 organ ke rumah sakit di Portugal sehingga kehadiran Nissan GT-R ini sangat membantu proses pengantarannya.

"Keamanan dan kualitas organ yang dibutuhkan dalam operasi transplantasi tergantung pada kemampuan alat transportasi dan waktu pengiriman yang cepat. Dibutuhkan kendaraan yang bisa mencapai lokasi secepat mungkin untuk menyelamatkan jiwa yang membutuhkan," tulis keterangan GNR di akun Facebook mereka.



Dengan mesin bertenaga 565 daya kuda, Nissan GT-R memang jadi salah satu alat transportasi yang cepat. Apalagi akselerasi mobil ini dari diam hingga 100 kilometer per jam dicapai dalam waktu 2,8 detik.

Penggunaan mobil sport dalam mengantar organ tubuh tidak hanya dilakukan oleh GNR saja. Kepolisian Italia bahkan menggunakan Lamborghini Huracan untuk melakukan tugas yang sama.

Lamborghini Huracan itu didandani sedemikianrupa sehingga mirip mobil kepolisian Italia. Bedanya mobil kepolisian itu tidak mengejar penjahat tapi mengirimkan organ tubuh ke rumah sakit yang memerlukan.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9279 seconds (0.1#10.140)