Jepang Ucapkan Selamat Tinggal ke Mobil Sport Legendaris Honda NSX

Minggu, 21 Maret 2021 - 15:00 WIB
loading...
Jepang Ucapkan Selamat Tinggal ke Mobil Sport Legendaris Honda NSX
Honda NSX generasi kedua pertama kali diluncurkan pada 2015 di ajang North American International Auto Show (NAIAS) 2015. Foto/Netcarshow
A A A
JEPANG - Jepang akhirnya mengucapkan selamat tinggal ke mobil sport legendaris . Situs Carwatch di Jepang menyebutkan Honda Jepang memutuskan untuk tidak lagi menjual Honda NSX di negeri matahari terbit itu. Meski tidak lagi dijual di Jepang, Honda tetap memproduksi Honda NSXda NSX dan mengirimnya ke beberapa negara dimana Honda NSX masih diterima dengan baik.

Lewat situs resmi Honda mengatakan pemberhentian dilakukan setelah seluruh model Honda NSX edisi 2020 seluruhnya terjual. Setelahnya tidak akan ada lagi Honda NSX buatan tahun 2021 untuk pasar Jepang.



Meski tidak ada keterangan resmi alasan penghentian penjualan Honda NSX di Jepang, disinyalir hal itu terjadi rendahnya penjualan mobil sport hibrid dari Honda itu. Hal itu setali tiga uang dengan Australia yang memutuskan untuk tidak lagi menjual Honda NSX di benuar kangguru sejak 2020. Di Australia tidak ada satu pun Honda NSX yang bisa terjual. Hal itulah yang membuat Australia tidak lagi menjual Honda NSX.

Di tingkat global penjualan Honda NSX memang terkesan rendah dibandingkan mobil sport lainnya. Padahal nama besar Honda NSX harusnya menjamin jumlah penjualan yang menggiurkan.


Jepang Ucapkan Selamat Tinggal ke Mobil Sport Legendaris Honda NSX


Honda NSX saat ini hadir dalam wujud generasi kedua. Sementara generasi pertama Honda NSX meluncur pada 1989. Sejak diperkenalkan pertama kalinya banyak orang yang terkesima dengan Honda NSX. Mobil sport itu pun mendapatkan label legendaris bersama mobil sport ternama lainnya seperti Toyota Supra, Nissan 300ZX hingga Mitsubishi 3000 GT.

Hanya saja mobil itu kemudian diputuskan berhenti produksi pada 2005. Wacana Honda NSX kemudian mengemuka lagi pada 2011 dimana Honda mengatakan akan membangkitkan kembali nama Honda NSX. Setahun kemudian pada 2012 di ajang North America International Auto Show (NAIAS) Honda memamerkan mobil konsep Honda NSX. Pada 2015 masih di ajang yang sama mereka menghadirkan versi utuh Honda NSX.



Kala itu Honda NSX yang diluncurkan didukung oleh tiga Motor Sport Hybrid dengan mesin Twin-Turbocharged DOHC V6. Maksimal total tenaga Honda NSX 2019 adaah 573 hp. Honda NSX menghadirkan akselerasi linier dan kuat yang disempurnakan melalui penciptaan Sport Hybrid SH-AWD (Super Handling All-Wheel Drive).

Sport Hybrid SH-AWD menggunakan motor listrik untuk membantu akselerasi, pengereman, dan menikung. Dengan vektor torsi bertenaga listrik yang disediakan oleh Twin Motor Unit yang dipasang di depan, NSX membawa teknologi Super Handling All-Wheel Drive ke dimensi baru dengan menggunakan distribusi torsi motor listrik yang dinamis, seketika dan berkesinambungan untuk meningkatkan presisi penanganan dan kinerja menikung dalam semua situasi mengemudi.

Dengan keseimbangan itu, tidak Heran jika Honda optimistis mobil sport hybrid ini bisa bersaing dengan mobil sport lainnya. Sayang, penjualan di beberapa negara akan mobil sport Honda itu sangat kecil, termasuk di Jepangsendiri. Alhasil mau tidak mau Honda memutuskan selamat tinggal buat Honda NSX di Jepang. Bisa jadi negara lain juga akan menyusul.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2322 seconds (0.1#10.140)