Berusia Satu Abad, Inilah 7 Fakta Legenda Brand Italia Moto Guzzi

Kamis, 25 Maret 2021 - 13:25 WIB
loading...
Berusia Satu Abad, Inilah 7 Fakta Legenda Brand Italia Moto Guzzi
Didirikan 1921, Moto Guzzi merayakan hari jadi ke-100 pada 15 Maret 2021. Foto: dok Moto Guzzi
A A A
JAKARTA - Logo elang merupakan lambang khas Moto Guzzi , menjadi ciri khas brand yang terkait erat dengan sejarah Italia.

Brand motor Italia Moto Guzzi punya sejarah panjang sebagai salah satu pabrikan motor tertua di dunia dengan usia yang sudah mencapai satu abad.



Group Chairman dan CEO Piaggio Roberto Colaninno mengatakan, seratus tahun perayaan Moto Guzzi merupakan momen yang membanggakan bagi Piaggio Group.

Moto Guzzi yang dikenal dengan “Eagle Brand” itu bergabung di Piaggio Group sejak 2004, dan disebut Roberto memiliki dampak besar bagi industri di Italia secara keseluruhan, tidak hanya pada sektor sepeda motor.

”Moto Guzzi adalah contoh sempurna kualitas unggul produk Italia,” ujar Roberto. Nah, berikut 7 fakta tentang Moto Guzzi yang jarang diketahui:

1. Logo Elang
Moto Guzzi didirikan pada 15 Maret 1921 dengan nama Società Anonima Moto Guzzi oleh Carlo Guzzi dan Giorgio Parodi. Konsepnya adalah membuat perusahaan manufaktur dan penjualan sepeda motor yang terhubung dengan industri pengerjaan logam.

Carlo dan Giorgio memilih elang yang membentangkan sayap menjadi logo perusahaan agar dapat mengenang rekan seperjuangan mereka, Giovanni Ravelli.

Ketiganya memang bertugas di Angkatan Udara Royal Italia, dimana mereka mengembangkan ide untuk membangun bisnis inovasi sepeda motor setelah perang berakhir.

Sayangnya, Ravelli gugur pada 1919 saat melakukan percobaan terbang dan kedua temannya memutuskan untuk mengenangnya dengan menggunakan simbol dari divisi udara. Elang telah menjadi simbol dari Moto Guzzi sejak hari tersebut, untuk mengenang persahabatan mereka.

2. Diproduksi di Mandello, Italia
Berusia Satu Abad, Inilah 7 Fakta Legenda Brand Italia Moto Guzzi

Sejak 1921, setiap Moto Guzzi yang diluncurkan di dunia diproduksi oleh pabrik di Mandello del Lario dengan detail dan presisi tinggi. Pabrik tersebut dikenal dalam sejarah sepeda motor dunia, memproduksi sepeda motor legendaris seperti GT 500 Norge (1928) yang dikendarai hingga ke Kutub Utara oleh Giuseppe, saudara dari Carlo Guzzi, Airone 250 (1939), dan Galletto (1950), yang menginisiasi motorisasi massal pada periode pasca perang.

3. Juara Balap
Selama seratus tahun, Moto Guzzi telah memenangkan berbagai kejuaraan balap di seluruh dunia. Termasuk untuk sepeda motor dengan rekor kecepatan tertinggi.

Moto Guzzi juga menjadi sepeda motor yang dikendarai oleh tentara dan kepolisian di Italia. Juga, memperkuat Kepolisian California, dan baru-baru ini mendukung pasukan polisi di Berlin, serta pengawalan kesultanan di Yordania.

Moto Guzzi juga merupakan sepeda motor yang digunakan oleh Corazzieri, sebuah satuan elit yang mengawal presiden Italia.

4. Dirancang untuk Touring
Berusia Satu Abad, Inilah 7 Fakta Legenda Brand Italia Moto Guzzi

Sejak awal, Moto Guzzi diracang sebagai sepeda untuk perjalanan jarak jauh. Pada 1928, Giuseppe Guzzi berkendara menuju lingkaran Kutub Utara dengan GT “Norge”-nya, Sejak itu ia memulai tradisi yang terus berlanjut hingga saat ini, dengan para traveler yang berkelana bersama Moto Guzzi setiap harinya, di suatu tempat di dunia, menuju tempat yang jauh.

5. Balap Endurance
Moto Guzzi Fast Endurance Trophy dihelat tahun ini dalam skala Eropa. Model V7 versi klasik dengan 850 twin cylinder baru serta enduro V85TT, ditujukan kenyamanan dan kemudahan berkendara. Produk ini merupakan produk terlaris Moto Guzzi.

6. Moto Guzzi World Days
Moto Guzzi World Days dihelat di Mandello del Lario pada 9-12 September, acara perayaan seratus tahun Moto Guzzi.

Momen ini ditunggu-tunggu oleh bikers penggemar Moto Guzzi. Puluhan ribu penggemar akan bergabung dari setiap penjuru dunia, dalam acara kolaborasi antara Moto Guzzi, Comitato Motoraduno Internazionale, serta pemerintah kota Mandello del Lario.



7. Edisi Khusus
Untuk merayakan hari jadi keseratus, seluruh jajaran Moto Guzzi juga tersedia pada Centennial Livery, edisi eksklusif hanya untuk tahun 2021, yang terinspirasi dari pembalap legendaris Otto Cilindri.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3217 seconds (0.1#10.140)