Humble One, SUV Listrik dengan Panel Surya Pertama di Dunia

Selasa, 30 Maret 2021 - 13:00 WIB
loading...
Humble One, SUV Listrik dengan Panel Surya Pertama di Dunia
Humble One akan dibanderol di harga Rp1,55 miliar dan akan didistribusikan pada 2025. Foto/Humble Motors
A A A
LOS ANGELES - Humble Motors, start up mobil listrik asal California yang baru didirikan pada 2020, siap menghadirkan mobil SUV listrik dengan panel surya pertama di dunia. Mobil yang dinamakan Humble One itu rencananya akan memiliki panel surya seluas 7,4 meter persegi di atap mobil.



Nantinya panel surya itu akan menyerap sinar matahari yang kemudian diolah menjadi energi listrik. Setelahnya energi listrik itu akan disalurkan ke baterai mobil yang diklaim oleh Humble akan mampu menempuh jarak sejauh 800 kilometer.


Humble One, SUV Listrik dengan Panel Surya Pertama di Dunia


Dima Steesy, CEO Humble mengatakan pemasangan panel surya di mobil listrik Humble One memang didasarkan pada rasa was-was yang dialami oleh pemilik mobil listrik. Banyak pemilik mobil listrik khawatir baterai mobil listrik mereka akan kehabisan energi saat digunakan.

"Saya tinggal di Los Angeles dan pernah memiliki Tesla Model S. Saya selalu khawatir kehabisan baterai karena memang di apartemen saya tidak ada charger buat mobil listrik. Setiap menyetir saya selalu berharap mobil itu bisa sampai ke jarak yang saya tuju," ucapnya.

Humble One, SUV Listrik dengan Panel Surya Pertama di Dunia


Dari segi tampilan Humble One memang tampil dengan desain yang khas SUV. Yangmenarik mobil ini memiliki dimensi yang sama dengan Tesla Model X. Hanya saja bobotnya jauh lebih ringan yang membuat kemampuan akselerasi mobil listrik panel surya ini jadi menarik.




Humble One, SUV Listrik dengan Panel Surya Pertama di Dunia


Humble mengklaim tenaga yang dimiliki oleh Humble One mencapai 1.020 daya kuda. Top Speed yang ditempuh juga mampu diraih di 250 kilometer per jam. Untuk berakselerasi dari diam hingga 100 kilometer per jam dicapai dalam waktu 4,9 detik. "Kami sangat yakin panel surya adalah langkah selanjutnya di dunia mobilitas. Humble Motors akan jadi yang terdepan di bidang itu," ungkap Dima Steesy.

Rencananya mobil itu akan diproduksi pada 2025. Untuk memilikinya peminat harus menebus di harga USD109.000 atau setara Rp1,55 miliar. Untuk tanda pemesanan konsumen harus mengeluarkan tanda jadi sebesar USD300 atau setara Rp4,2 juta.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1984 seconds (0.1#10.140)