Siap Jungkalkan Harley-Davidson, BMW Siapkan Motor Seukuran Mobil

Jum'at, 09 April 2021 - 11:00 WIB
loading...
Siap Jungkalkan Harley-Davidson, BMW Siapkan Motor Seukuran Mobil
BMW mendaftarkan paten desain BMW R18 B yang akan berhadapan dengan Harley-Davidson Road Glide. Foto/Autoblog.
JERMAN - BMW Motorrad berencana menghadirkan motor seukuran mobil untuk berhadapan langsung dengan motor buatan Harley-Davidson. Disebutkan Autoblog, motor berukuran besar itu nantinya akan menggunakan basis motor cruiser terbaru mereka, BMW R18.

Penggunaan motor cruiser BMW R18 sendiri terungkap melalui paten yang diajukan BMW Motorrad. Dalam paten itu perusahaan motor mewah berbasis di Jerman itu mendaftarkan BMW R18 B dan BMW R18 Transcontinental.

Baca juga : Prihatin, Terbakar karena Pemanas Jok Lansia Tuntut BMW

Siap Jungkalkan Harley-Davidson, BMW Siapkan Motor Seukuran Mobil




Selain namanya yang terungkap, BMW juga memasukkan sketsa awal motor tersebut. Untuk pertama sketsa yang dihadirkan adalah sketsa BMW R18 B. Autoblog menyebutkan B merupakan singkatan dari nama Bagger. Diketahui Bagger merupakan motor besar yang khusus digunakan untuk keperluan touring.

Sementara untuk pilihan mesin, BMW R18 B dan BMW R18 Transcontinental masih menggunakan mesin yang digunakan BMW R18 Classic yakni mesin flat-twin 1,8 liter dengan tenaga maksimal 91 daya kuda dan torsi puncak 150 Nm. Dari segi ukuran, BMW R18 B dan BMW R18 Transcontinental memang memiliki panjang yang mirip sebuah mobil. Panjang motor mencapai 100,7 inci (255,7 centimeter) dan lebar 38,1 inci (96,7 centimeter).

Baca juga : Mercedes-Benz G-Class Listrik Diberinama Mercedes-Benz EQG



Untukkelengkapan BMW R18 B dan BMW R18 Transcontinental akan memiliki layar sentuh berukuran besar yang terdiri dari empat information display. Motor besar ini juga akan dilengkapi dengan speaker yang terpasang bersama fairing motor.

Siap Jungkalkan Harley-Davidson, BMW Siapkan Motor Seukuran Mobil


BMW memang belum memutuskan kapan kedua motor tersebut akan diluncurkan. Begitu juga dengan harganya. Namun Autoblog menduga harga yang dicantumkan mencapai USD18.190 atau setara Rp261,3 juta.

Kehadiran motor cruiser ini memang akan langsung berhadap-hadapan denganHarley-Davidson Road Glide. Seperti BMW R18 B dan BMW R18 Transcontinental, Harley-Davidson Road Glide memang memiliki ukuran yang juga sangat besar dan dikhususkan untuk turing jarak jauh.
(wsb)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE