Toyota Crown, Mobil Para Menteri, Akhirnya Jadi Versi SUV

Rabu, 14 April 2021 - 11:23 WIB
loading...
Toyota Crown, Mobil Para Menteri, Akhirnya Jadi Versi SUV
Toyota Crown Klugger sayangnya hanya akan dijual di pasar China dan Amerika Serikat. Foto/Paultan.
A A A
BEIJING - Toyota ternyata lagi senang-senangnya membuat mobil-mobil mereka jadi SUV atau crossover. Setelah Toyota Corolla jadi Toyota Corolla Cross, Toyota Yaris jadi Toyota Yaris Cross, kini giliran mobil para Menteri di Indonesia, Toyota Crown yang dijadikan SUV.

Dilaporkan oleh Paultan baru-baru ini Toyota China ketahuan tengah melakukan proses homologasi Toyota Crown Kluger. Berbeda dengan versi sedan, Toyota Crown Kluger justru tampil dalam bentuk yang sangat SUV.



Toyota Crown, Mobil Para Menteri, Akhirnya Jadi Versi SUV


Elemen Toyota Crown hanya terasa di bagian logo mobil yang menampilkan Mahkota Toyota Crown. Selain itu bumper depan juga masih sedikit mempertahankan bumper yang ada di versi sedan. Selebihnya seluruh desain eksterior dan interior justru hadir dalam bentuk baru.

Dari data homologasi yang ada di China diketahui dimensi Toyota Crown Kluger jauh lebih besar ketimbang versi sedan. Dimensi (P x L x T) SUV baru dari Toyota itu adalah 5.015 m x 1.930 mm x 1.750 mm. Uniknya wheelbase Toyota Crown versi SUV itu justru mempertahankan wheelbase versi sedan yakni 2.850 mm.

Diketahui dimensi mobil para Menteri di Indonesia itu (P x L x T) adalah 4.840 mm x 1.780 mm x 1.470 mm.

Untuk tampilan kaki-kaki Toyota Crown versi SUV bakal lebih gagah ketimbang versi sedan. Pasalnya mobil SUV itu menggunakan ban berukuran 18 inci dan bisa ditingkatkan hingga 20 inci.



Toyota Crown, Mobil Para Menteri, Akhirnya Jadi Versi SUV


Pilihan mesin cukup sama dengan versi sedan Toyota Crown di indonesia. Toyota Crown Kluger akan hadir dalam satu pilihan mesin yakni mesin 2,5 liter hybrid yang bisa menggelontorkan tenaga 189 daya kuda. Mesin ini sama dengan mesin Toyota Crown milik para Menteri di Indonesia.

Sayangnya versi SUV Toyota Crown tidak akan dijual bebas. Mobil SUV itu hanya akan dijual di wilayah China dan mendebut di ajang Auto Shanghai 2021 minggu depan. Kemungkinan pasar yang akan dimasuki Toyota Crown Klugger lainnya adalah pasar Amerika Serikat.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2506 seconds (0.1#10.140)