Toyota Mark X, Gagal Jadi Taksi Mewah Kini Diburu Karena Fitur Wah

Senin, 10 Mei 2021 - 12:28 WIB
loading...
Toyota Mark X, Gagal Jadi Taksi Mewah Kini Diburu Karena Fitur Wah
Populasi Toyota Mark X cukup langka dan cepat sekali terjual. Harga lansiran 2012 di angka Rp250 jutaan. Foto: dok IG @otobor.id
JAKARTA - Inilah Toyota Mark X, sedan mewah yang populasinya di Indonesia sangat terbatas tapi terus diburu karena mesin dan fitur berlimpah, serta harga yang terbilang murah.

Toyota Mark X punya sejarah unik di Indonesia. Mulanya, Toyota akan menjadikan sedan premium itu sebagai armada taksi mewah di Jakarta. Tapi sayang, rencana itu tidak berjalan mulus.

BACA JUGA: Libur Lebaran Nggak Mudik, Silakan Ngopi, Lihat Mobil Konsep, dan Balap Virtual di Honda Dreams Cafe

Kabarnya memang pihak Blue Bird yang berencana untuk membeli Toyota Mark X. Namun,ternyata kesepakatan gagal terjadi. Mereka menyebut bahwa taksi mewah Silver Bird lebih identik dengan Mercedes-Benz C-Class dan E-Class dibanding merek lain seperti Toyota Mark X.



Akhirnya, pihak Toyota-Astra Motor (TAM) mempercayakan Auto2000 untuk menjual Mark X layaknya mobil lainnya. Chief Executive Auto2000 saat itu Jodjana Jodi beralasan karena sejumlah konsumen private Toyota enggan jika Mark X dijadikan armada taksi.

Uniknya, saat ini Mark X dipasarkan dengan diskon habis-habisan. Bahkan, pada 2013, diskon Toyota Mark X mencapai Rp180 jutaan. Sejumlah dealer bahkan memberikan bundling pembelian Toyota Mark X dengan Toyota Avanza atau Yaris.

Sekarang, Toyota Mark X kembali banyak dicari oleh pehobi mobil bekas. Harga Toyota Mark X lansiran 2012 sangat terjangkau. Ada di angka Rp250 jutaan. ”Mereka yang paham mobil pasti akan memilih mobil ini. Desainnya timeless dan masih di dukung bengkel resmi (Beres) sampai sekarang,” ujar seorang warganet di forum Motuba di Facebook.

Toyota Mark X, Gagal Jadi Taksi Mewah Kini Diburu Karena Fitur Wah

Sebenarnya apa yang jadi daya tarik Toyota Mark X?Ternyata memang cukup banyak. Pertama, bisa dilihat dari desain. Desain mobil ini masih terlihat sangat mewah dan elegan. Lampu depannya, walaupun belum LED, tapi tetap tampan. Grill berbentuk X juga terlihat cantik.

Kedua, soal kemewahan. Karena dirancang sebagai sedan mewah, pengguna akan mendapat banyak sekali fitur premium di kabinnya. Lihat saja desain dashboard-nya sama sekali tidak ketinggalan zaman meski sudah berusia 10 tahun.

Toyota Mark X, Gagal Jadi Taksi Mewah Kini Diburu Karena Fitur Wah

Panel-panelnya terlihat sangat mewah, ada Headunit Doubledin Touch Screen, AC digital dual zone, juga desain tuas kemudi dengan Steering Audio Controller sangat elegan. Sudah pula dilengkapi Electric Sunroof. Satu-satunya yang kelihatan sedikit jadul hanya di tampilan speedometer saja.



Pengguna juga merasa nyaman dengan interior kulit, serta electric seat (khusus pengemudi). Untuk menyalakan, sudah ada Start/Stop Engine Button dan kunci keyless.
Ketiga, mesinnya. Sedan mewah ini bertenaga badak. Menggunakan mesin 2.5L 4GR-FSE V6 yang mampu memuntahkan tenaga hingga 215 hp. Pengguna bisa memilih mode pengemudi ECO, Sport, dan Snowsambil memainkan Automatic Triptonic. Jadi, jangan takut boros karena pengemudi bisa memakai ECO Mode.

Mesin serupa digunakan juga oleh sedan premium Lexus IS250 dan Lexus GS250 yang harga bekasnya saat ini dua kali lipat lebih mahal dibandingkan Toyota Mark X dengan tahun yang sama.

BACA JUGA: Angga Sasongko Mendobrak Batasan Kamera Smartphone lewat Film Pendek Konfabulasi

Toyota Mark X, Gagal Jadi Taksi Mewah Kini Diburu Karena Fitur Wah

Mobil ini menggunakan penggerak Real Wheel Drive (RWD) dengan X-Chassis (dibawah Toyota Crown dengan S-Chassis). Namun, kaki-kakinya pun serupa Toyota Crown. Begitu juga dengan mesin yang banyak kesamaan dengan Toyota Crown. Jadi, ketersediaan spare part seharusnya tidak jadi masalah.

Mobil ini berada di kelas yang lebih tinggi dibandingkan dengan Toyota Altis. Jadi, baik kenyamanan, pengemudian, serta tenaga juga sangat berbeda.
(dan)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE