Mumpung Libur Lebaran, Ini Cara Sederhana Mengecek Kondisi Mobil

Kamis, 13 Mei 2021 - 23:05 WIB
loading...
Mumpung Libur Lebaran, Ini Cara Sederhana Mengecek Kondisi Mobil
Foto/dok
JAKARTA - Anda pasti terkadang berfikir, kenapa harus membuang uang untuk membayar montir jika Anda bisa memperbaiki sendiri kerusakan kendaraan Anda. Ada baiknya, Anda mulai mencoba-coba memperbaiki atau memeriksa kondisinya agar lebih mengenali karakter mobil Anda.

Mumpung tidak bisa mudik dan silaturahmi dilakukan dengan video call, tak ada salahnya Anda memeriksa beberapa bagian kondisi mobil yang simpel dan memperbaikinya jika bisa.

Dengan keterampilan sederhana dahulu, Anda pun tak perlu lagi membuang-buang waktu libur Anda hanya untuk mengantre di bengkel jika sekedar mengganti bohlam lampu atau mengecek aki mobil anda.

Berikut hal sederhana yang bisa dilakukan di rumah dalam mengecek kondisi kendaraan Anda:



1. Mengecek Kondisi Air Aki

Mumpung Libur Lebaran, Ini Cara Sederhana Mengecek Kondisi Mobil


Salah satu hal sederhana yang bisa dilakukan Anda adalah mengecek kondisi air aki. Pastikan air aki berada di level normal agar aki tidak cepat tekor.

Jika air aki berkurang, tambahkan dengan lebih dulu melepas kepala aki min dan plus. Kemudian tambahkan air aki sesuai batas normal yang sudah ada.

Pastikan saat menambah air aki, posisi berada di lantai yang datar sehingga pengisian aki bisa pas. Cara sederhana ini bisa membuat usia aki anda panjang dan tidak cepat tekor.

2. Cek Oli Mesin



Mumpung Libur Lebaran, Ini Cara Sederhana Mengecek Kondisi Mobil


Oli mesin merupakan pelumas penting yang keberadaannya tidak bisa diabaikan begitu saja. Tak sekedar melindungi mesin dari gesekan, oli mesin berguna juga sebagai pendingin dan pembersih komponen agar tetap bekerja optimal.

Sebelum memeriksa kondisi oli , ada baiknya periksa juga apakah ada rembesan di mesin. Rembesan ini biasanya terjadi karena ada bagian mesin yang aus. Jika ada yang rembes sebaiknya di bawa ke bengkel.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE