Mitsubishi Delica Kekar dan Menggoda, tapi Kenapa Banyak yang Tak Suka?

Rabu, 12 Mei 2021 - 20:05 WIB
loading...
Mitsubishi Delica Kekar dan Menggoda, tapi Kenapa Banyak yang Tak Suka?
Modifikasi gaya All Terrain yang terlihat kokoh dan sangat keren. Foto: Instagram.com/alvin.tjandra
A A A
JAKARTA - Mitsubishi Delica punya usia yang cukup pendek di Indonesia. Hanya 4 tahun, yakni dari 2014-2018. MPV berbadan lebar ini tidak mampu menarik konsumen yang cukup. Padahal, fitur, desain, dan fungsinya sangat keren.

Delica pertama dikenalkan Mitsubishi pada ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014. Konsepnya sedikit berbeda dengan mobil keluarga saat ini. Yakni MPV 7 penumpang berbadan boxy, memiliki kapasitas seluas Nissan Serena, tapi juga dirancang untuk tangguh menghadapi medan off road ringan.


Seharusnya, Delica adalah mobil yang cocok untuk konsumen Indonesia. Tapi, mengapa mobil ini tidak diminati? Bisa macam-macam alasannya. Bisa karena harganya saat diluncurkan ada di Rp430 juta-Rp450 jutaan yang dianggap terlalu mahal. Apalagi, Delica adalah model baru yang belum teruji. Jadi tidak banyak yang berani ”mencoba”.

Alasan lain, karena MPV dengan bodi terlalu kotak faktanya tidak banyak yang bertahan di pasar Indonesia kecuali Toyota Alphard. Konsumen di segmen ini cukup segmented.

Sebaliknya, harga seken Delica lansiran 2014 hanya Rp180 jutaan yang cukup terjangkau dibandingkan fitur yang di dapat.

Mobil ini cocok untuk konsumen yang senang melakukan road trip, yang senang jalan-jalan, dan yang senang bertualang. Jika dibandingkan dengan Nissan Serena, Toyota Nav1, Mazda Biante, bahkan Toyota Alphard, jelas Delica terlihat sangat tangguh.

Mitsubishi Delica Kekar dan Menggoda, tapi Kenapa Banyak yang Tak Suka?

Ketangguhan terlihat dari tampangnya yang gagah. Garis bodinya kotak dan tegas. Bentuk head lamp besar, tapi kesan mobil premium tidak hilang. Grille depan dengan garis-garis vertikal dan lapisan chrome yang sangat mirip dengan grille dari mobil Hummer H3.

Dimensi bodinya, yakni panjang 4730 mm, lebar 1795 mm, dan tinggi 1850 mm.
Mitsubishi Delica Kekar dan Menggoda, tapi Kenapa Banyak yang Tak Suka?

Mitsubishi Delica lansiran 2014 dibanderol cukup terjangkau, yakni Rp180 jutaan.

Ground clearance-nya pun tinggi. Mencapai 190 mm. Sehingga Delica sangat percaya diri saat diajak melewati jalan berlubang. Suspensi tipe MacPherson Strut, coil springs with stabilizer pada bagian depan dan Multi Link, coil springs with stabilizer di bagian belakang menjaga penumpang di dalamnya pun tetap merasa nyaman.

Delica di Indonesia menggunakan varian penggerak roda depan 2WD. Padahal, di luar negeri, Delica dengan teknologi 4WD benar-benar menjadi mobil adventure yang diajak melibas medan offroad.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2810 seconds (0.1#10.140)
pixels