Mitsubishi Delica Kekar dan Menggoda, tapi Kenapa Banyak yang Tak Suka?

Rabu, 12 Mei 2021 - 20:05 WIB
loading...
Mitsubishi Delica Kekar dan Menggoda, tapi Kenapa Banyak yang Tak Suka?
Modifikasi gaya All Terrain yang terlihat kokoh dan sangat keren. Foto: Instagram.com/alvin.tjandra
JAKARTA - Mitsubishi Delica punya usia yang cukup pendek di Indonesia. Hanya 4 tahun, yakni dari 2014-2018. MPV berbadan lebar ini tidak mampu menarik konsumen yang cukup. Padahal, fitur, desain, dan fungsinya sangat keren.

Delica pertama dikenalkan Mitsubishi pada ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014. Konsepnya sedikit berbeda dengan mobil keluarga saat ini. Yakni MPV 7 penumpang berbadan boxy, memiliki kapasitas seluas Nissan Serena, tapi juga dirancang untuk tangguh menghadapi medan off road ringan.

BACA JUGA: POCO F3 5G Membuat Semakin Banyak Konsumen Bisa Merasakan Pengalaman dan Sensasi Ponsel Flagship

Seharusnya, Delica adalah mobil yang cocok untuk konsumen Indonesia. Tapi, mengapa mobil ini tidak diminati? Bisa macam-macam alasannya. Bisa karena harganya saat diluncurkan ada di Rp430 juta-Rp450 jutaan yang dianggap terlalu mahal. Apalagi, Delica adalah model baru yang belum teruji. Jadi tidak banyak yang berani ”mencoba”.

Alasan lain, karena MPV dengan bodi terlalu kotak faktanya tidak banyak yang bertahan di pasar Indonesia kecuali Toyota Alphard. Konsumen di segmen ini cukup segmented.



Sebaliknya, harga seken Delica lansiran 2014 hanya Rp180 jutaan yang cukup terjangkau dibandingkan fitur yang di dapat.

Mobil ini cocok untuk konsumen yang senang melakukan road trip, yang senang jalan-jalan, dan yang senang bertualang. Jika dibandingkan dengan Nissan Serena, Toyota Nav1, Mazda Biante, bahkan Toyota Alphard, jelas Delica terlihat sangat tangguh.

Mitsubishi Delica Kekar dan Menggoda, tapi Kenapa Banyak yang Tak Suka?

Ketangguhan terlihat dari tampangnya yang gagah. Garis bodinya kotak dan tegas. Bentuk head lamp besar, tapi kesan mobil premium tidak hilang. Grille depan dengan garis-garis vertikal dan lapisan chrome yang sangat mirip dengan grille dari mobil Hummer H3.

Dimensi bodinya, yakni panjang 4730 mm, lebar 1795 mm, dan tinggi 1850 mm.
Mitsubishi Delica Kekar dan Menggoda, tapi Kenapa Banyak yang Tak Suka?

Mitsubishi Delica lansiran 2014 dibanderol cukup terjangkau, yakni Rp180 jutaan.

Ground clearance-nya pun tinggi. Mencapai 190 mm. Sehingga Delica sangat percaya diri saat diajak melewati jalan berlubang. Suspensi tipe MacPherson Strut, coil springs with stabilizer pada bagian depan dan Multi Link, coil springs with stabilizer di bagian belakang menjaga penumpang di dalamnya pun tetap merasa nyaman.

Delica di Indonesia menggunakan varian penggerak roda depan 2WD. Padahal, di luar negeri, Delica dengan teknologi 4WD benar-benar menjadi mobil adventure yang diajak melibas medan offroad.



Keunggulan lain MPV ini juga terletak pada mesin 4J11 (2.0L) S4 MPI S-MIVEC, 1998 cc, 4 Silinder yang jauh lebih bertenaga dibandingkan MPV lainnya. Mesinnya mampu dipacu hingga 150 tenaga kuda dengan torsi 191 Nm yang menjadikan mobil ini siap melaju di pegunungan sekalipun. Kapasitas tangkinya cukup besar, 66 liter. Jika mengisi penuh menggunakan BBM Pertamax, butuh Rp594.000.

Mitsubishi Delica Kekar dan Menggoda, tapi Kenapa Banyak yang Tak Suka?

Penumpang bisa masuk ke mobil dengan pintu geser elektrik yang nyaman. Di baris kedua, ada captain seat dengan bahan material fabric yang memberikan rasa mewah dan nyaman. Penumpang dan pengendara pun dapat merasa lapang dan nyaman dengan tidak berdesak-desakan walaupun tujuh kursinya terisi penuh dan membawa banyak barang.

Mitsubishi Delica Kekar dan Menggoda, tapi Kenapa Banyak yang Tak Suka?

Desain dashboard, head unit, tuas kemudi, serta transmisi pun masih terlihat cukup modern. Sudah ada Smart Entertainment System berukuran 6.95 inch lengkap dengan fitur touch screen. Tuas kemudinya sudah memakai power steering elektrik. Bahkan, ada paddle shift untuk memindahkan transmisi mobil secara manual. Transmisi Otomatis INVECS-III 6-speed CVT juga cukup halus.

BACA JUGA: Honda Prelude, Usia 20 Tahun, 2 Pintu, 2.2L VTEC, 200 HP, Cuma Rp200 jutaan

Jika Anda cocok dengan desain Delica dan mencari MPV 7 penumpang yang besar, maka Mitsubishi Delica lansiran 2014 dengan banderol Rp180 jutaan-Rp200 jutaan sudah memiliki paket lengkap.
(dan)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE