Mobil Ford Keluaran 2021 Bisa Update Software Seperti Tesla

Sabtu, 15 Mei 2021 - 20:21 WIB
loading...
Mobil Ford Keluaran 2021 Bisa Update Software Seperti Tesla
Ford Mach-E memiliki 80 chip yang mengontrol mesin, pengereman, hingga infotaintment. Foto: ist
AMERIKA - Ford, dan mungkin pabrikan otomotif dunia nantinya akan mengikuti jejak Tesla: membuat mobil semakin seperti komputer berjalan.

Pengguna Tesla sudah terbiasa dengan Software Update. Mobil mereka tidak bisa dibedakan dengan smartphone, ataupun laptop. Secara berkala Tesla memang merilis Software Update di mobil mereka. Hanya perlu menyentuh tombol Software di layar sentuh mobil. Atau, jika ada update baru, notifikasi juga akan muncul di layar.

BACA JUGA: Begini Cara Agar Konten Foto dan Video Soal Israel-Palestina Tidak Dihapus Instagram

Apa dampak memperbarui software mobil? Sama seperti smartphone. Bisa untuk menambal keamanan, menambah fitur baru, atau memperbaiki fitur yang sudah ada.



Nah, Ford sudah memastikan bahwa model mobil terbaru mereka seperti Tesla, dimana pengguna bisa memperbarui software di mobil langsung lewat Wi-Fi.

Untuk sementara, pembaruan software itu hanya tersedia secara terbatas. Yakni di 100 ribu pemilik model Ford seperti F-150, Mustang Mach-Es, dan Ford Bronco. Tapi, kedepannya fitur update software akan tersedia di seluruh varian Ford. Bahkan, mereka berencana membenamkannya ke 33 juta unit kendaraan hingga 2028 mendatang.

Alex Purdy, connectivity business director Ford mengatakan bahwa update software membuat pengguna bisa mendapatkan fitur baru, perbaikan keamanan, perpanjangan garansi, panggilan servis, dan lainnya.

Klaim Ford, ada 80 jenis komputer di model Ford varian terbaru yang mengontrol beragam fungsi mulai rem hingga transmisi.

Update pertama yang dilakukan Ford adalah memperbaiki masalah lampu yang dikeluhkan boros aki. Lalu, akan ada update untuk membuat Amazon Alexa di mobil bisa berkomunikasi dengan home assistant di rumah tanpa harus memakai smartphone.

Di SUV listrik Mach-E, Ford juga menambahkan fungsi software gambar dan game sederhana. Ternyata dampak komputerisasi di mobil ini besar sekali. Menurut Alex, software bisa mengidentifikasi penyebab masalah di mobil dan bahkan memperbaikinya langsung lewat software. ”Ya, bisa dilakukan secara remote atau jarak jauh. Anda tidak perlu datang ke dealer,” ujarnya.



BACA JUGA: Unboxing OPPO A74, Rp3,5 Juta dengan Desain Cantik dan Fingerprint di Layar

Sejak 2018, Ford sudah menginstal modem di kendaraan mereka yang terhubung ke jaringan seluler operator. Saat ini ada 6 juta kendaraan Ford yang memiliki modem dan mengumpulkan data kendaraan. Tapi, hanya model terbaru saja yang bisa melakukan update secara Over The Air (OTA).
(dan)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE