Cara Menggunakan Kopling dan Rem Mobil di Tanjakan dan Jalan Macet

Jum'at, 21 Mei 2021 - 22:05 WIB
loading...
Cara Menggunakan Kopling dan Rem Mobil di Tanjakan dan Jalan Macet
Pengemudi dituntut kemampuan dan konsentrasi lebih ketika menggunakan mobil manual, terutama saat kondisi jalan menanjak dan macet. Foto/Ist.
A A A
JAKARTA - Meski mobil keluaran terbaru banyak yang menggunakan transmisi otomatis atau matik, tetapi tak sedikit juga pengemudi yang lebih nyaman menyetir mobil bertransmisi manual lengkap dengan kopling.

Pengemudi dituntut kemampuan dan konsentrasi lebih ketika menggunakan mobil manual, terutama saat kondisi jalan menanjak dan macet. Kelancaran menguasai kemudi mobil manual sangat diperlukan saat kondisi tersebut.



Tetapi bagi pengemudi yang masih pemula, tak perlu khawatir. Berikut ini panduan ringkas cara menggunakan kopling mobil di tanjakan dan jalan macet, dilansir dari Blog Auto2000, Jumat (21/5).

Posisi kopling saat kondisi jalan macet dan menanjak

Cara menggunakan kopling mobil di tanjakan dan jalan macet adalah dengan memposisikannya setengah. Bersiaplah dengan rem dan posisi gigi rendah.

Kemudian, terapkan tiga metode pengereman yang dimulai dengan rem tangan, rem kaki, dan memakai setengah kopling. Untuk bisa lancar memposisikan setengah kopling, tentu saja harus banyak berlatih.

Melakukan handbrake

Ketika dihadapkan dengan jalanan menanjak dan kemacetan panjang, harus bersiap melakukan handbrake. Ini merupakan istilah untuk teknik mengerem tangan.

Saat macet panjang, gunakan rem tangan alih-alih rem kaki dan setengah kopling. Tujuannya agar kaki tidak terasa lelah karena harus terus-menerus menginjak pedal rem.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2853 seconds (0.1#10.140)