Ratusan Tahun Warnai Dunia Otomotif, Ini Rangkaian Sejarah Mercedes-Benz

Selasa, 01 Juni 2021 - 23:57 WIB
loading...
Ratusan Tahun Warnai Dunia Otomotif, Ini Rangkaian Sejarah Mercedes-Benz
Logo Mercedes Benz. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Mercedes-Benz, pabrikan mobil mewah asal Jerman telah ada selama lebih dari satu abad. Mercedes-Benz melewati sejarah panjang hingga kini menjadi bagian dari nama besar di industri otomotif dunia.

Berbagai sejarah unik dan penting telah diukir oleh Mercedes sejak kelahirannya, termasuk soal nama, desain kendaraan hingga logo yang ikonik. BACA JUGA - Kajian Ilmiah yang Menguatkan Ancaman Gempa 8,9 M dan Tsunami 29 Meter di Jawa
Mercedes-Benz berawal dari dua pria bernama Karl Benz dan Gottlieb Daimler yang bertekad membebaskan dunia dari transportasi bertenaga kuda.

Di tahun 1880-an, keduanya melakukan penelitian dan menemukan mobil secara terpisah di Jerman Selatan. Daimler dan chief-engineer-nya,Wilhelm Maybach, bersama menemukan Mesin empat-tak, keduanya bekerja sama di Cannstatt. Sementara Benz memiliki tokonya di Mannheim dekat Heidelberg.

Meskipun sama-sama di Jerman Selatan, menurut sejarah, tidak ada catatan yang mengungkap bahwa keduanya penemu pernah bertemu secara langsung.

Pada April 1900, Daimler-Motoren-Gesselschaft (DMG) mendapatkan nama Mercedes dari seorang pengusaha bernama Emil Jellinek. Pengusaha dealer mobil itu menjadi yang pertama menggunakan nama Mercedes, yang berasal dari nama anak perempuannya.

Mercedes digunakan Jellinek untuk menjadi nama mobil balap DMG, yang pertama kali digunakan pada Mercedes 35 hp rancangan Wilhelm Maybach dan Paul Daimler. Mercedes 35 hp sangat sukses dengan memenangkan hampir semua balapan digelar di Nice (Prancis), kota Jellinek berdomisili kala itu.

Pionir Desain

Bicara soal desain, merek mobil mewah ini juga secara tak langsung telah membentuk tren desain kendaraan roda empat yang berlaku sampai saat ini.

Berawal pada era 1930-an ketika Mercedes memproduksi mobil dengan garis luwes, mengalir, dengan elemen membulat. Gaya desain tersebut ditandai oleh model 500 K pada 1934, dan berlanjut 540 K sebagai penerusnya pada 1936.

Model ini dianggap menjadi objek kesempurnaan dan keindahan otomotif. Pada era tersebut, 500 K dan 540 K menciptakan tren coupe dan roadster modern Mercedes-Benz.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2994 seconds (0.1#10.140)