Acha Acha, 3 Perusahaan Otomotif Dunia Ini Ternyata Sudah Dibeli India

Jum'at, 04 Juni 2021 - 17:05 WIB
loading...
Acha Acha, 3 Perusahaan Otomotif Dunia Ini Ternyata Sudah Dibeli India
Sejumlah perusahaan asli India ikut terjun langsung di pertarungan, dengan membeli saham perusahaan otomotif yang sudah mendunia. Foto/Ist.
A A A
MUMBAI - Di industri otomotif, India merupakan salah satu negara yang wajib diperhitungkan. Banyak dari merek-merek besar membangun pabrik di sana, karena berbagai alasan.

Tak hanya itu, sejumlah perusahaan asli India pun ikut terjun langsung di pertarungan, dengan membeli saham perusahaan otomotif yang sudah mendunia.

Berikut ini tiga merek kendaraan yang dimiliki oleh perusahaan India, dilansir dari berbagai sumber, Jumat (4/6).

BACA JUGA: Keren, Chun Li dan Ryu dari Street Fighter Bisa Dimainkan di Free Fire Mulai Juli 2021

Jaguar Land Rover

Tata Motors, perusahaan mobil asal India telah mengakuisisi merek asal Inggris, Jaguar Land Rover. Di bawah naungannya, kinerja merek ini tak selalu mulus.

Sempat ambruk akibat merosotnya penjualan, kondisi keuangan terpuruk, dan situasi rumit Brexit di Inggris saat itu. Tetapi Tata Motors menegaskan tidak akan menjual Jaguar Land Rover.

Royal Enfield

Sejak 1994, perusahaan asal India, Eicher Group, telah mengakuisisi saham Royal Enfield. Sebelum diakuisisi, motor asal Inggris ini memang sudah cukup lama diproduksi di India.

Royal Enfield merupakan merek yang lahir di Inggris, namun tumbuh dan berkembang di Asia, sedangkan produksi di India, dan di Inggris hanya jadi tempat pusat desain dan pengembangan saja.

Jawa
Acha Acha, 3 Perusahaan Otomotif Dunia Ini Ternyata Sudah Dibeli India

Sejak 1960-an sampai 1990-an, merek sepeda motor asal Ceko ini telah dirakit di India oleh perusahaan bernama Yezdi. Jawa sempat berjaya, termasuk di pasar Indonesia.

BACA JUGA: Begini Sejarah Bugatti, Hypercar yang Identik dengan Kecepatan dan Kemewahan

Kini, produksi Jawa di India dinaungi oleh perusahaan yang juga dari Negeri Bollywood bernama Mahindra. Perusahaan bertekad meneruskan kejayaan motor Jawa ini dengan memproduksi motor baru dengan merk yang sama.
(dan)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1919 seconds (10.55#12.26)