Siap Bersaing dengan Honda CR-V, KIA Sportage Baru Tampil Edgy

Selasa, 08 Juni 2021 - 13:01 WIB
loading...
Siap Bersaing dengan Honda CR-V, KIA Sportage Baru Tampil Edgy
KIA Sportage generasi kelima kini menggunakan bahasan desain baru Opposites United. Foto/Autoblog.
JAKARTA - KIA akhirnya merilis secara resmi gambar utuh SUV medium terbaru mereka, KIA Sportage. SUV generasi kelima itu kini jadi mobil kedua dari KIA yang menggunakan bahasa desain terbaru "Opposites United". Sebelumnya mobil pertama yang menggunakan bahasa desain itu adalah mobil listrik pertama KIA yakni KIA EV6.

Berbeda dengan KIA Sportage generasi sebelumnya, SUV yang pertama kali dirilis pada tahun 1993 itu, menyesuaikan istilah yang muncul saat ini, tampil lebih edgy. Hal itu terlihat pada desain yang kini sangat futuristis dan lebih ramping. Setidaknya desain keren ini bisa membuat KIA Sportage jadi lebih berani bersaing denganHonda CR-V.

Baca juga : Desainer Malaysia Siapkan Desain Mobil Sport Konsep Masa Depan

Siap Bersaing dengan Honda CR-V, KIA Sportage Baru Tampil Edgy




Grille hidung macan atau tiger nose juga tampil lebih kekinian. Desainnya kini dibuat lebih memanjang dan ramping. Selain itu grille dan bemper juga dibuat jadi lebih bertumpuk.

Desain lampu utama dan Daytime Running Light (DRL) dari LED juga sangat unik. DRL LED jauh lebih besar ketimbang lampu utama LED yang tampil dalam dua LED.

Tampilan depan yang revolusioner juga diikuti di bagian belakang. Lampu utama belakang hadir dalam bentuk LED dengan desain yang provokatif. Elemen garnis membuat kedua lampu terkesan menyatu.

Siap Bersaing dengan Honda CR-V, KIA Sportage Baru Tampil Edgy


Sayap belakang juga berhasil membuat tampilan KIA Sportage baru jauh lebih dinamis. Diffuser dua warna dengan desain yang unik setidaknya membuat KIA Sportage jauh lebih enak dipandang dari belakang.

Seperti yang sebelum-sebelumnnya, KIA Sportage baru juga memiliki roof rail guna meningkatkan fungsional mobil. Hal ini bisa dimanfaatkan dengan memasang roof rack guna meningkatkan kapasitas angkut mobil.



Perubahan besar justru terjadi di bagian interior. Kini Sportaga Baru memiliki dashboard canggih, mahal dan berkilau. Elemen krom dipasang di beberapa titik panel dashboard seperti kisi-kisi pendingin ruangan sehingga membuatnya jadi lebih berkelas.

Baca juga : Peluang Buat Indonesia, Chevrolet Corvette Kini Punya Varian Setir Kanan

Siap Bersaing dengan Honda CR-V, KIA Sportage Baru Tampil Edgy


Elemen terpenting justru ada di kedua layar dashboard, infotainment dan informationd display. Kedua layar full LED itu kini hadir dalam desain curve. Nah yang menarik adalah dari gambar yang diedarkan terlihat bahwa KIA Sportage tidak memiliki tuas transmisi konvensional. Alih-alih mobil itu menggunakan tuas transmisi rotary.

Sayangnya KIA tidak mengumumkan detil mesin yang akan diusung oleh KIA Sportage. Hanya saja berkaca pada generasi sebelumnya, dimana mobil ini berbagi sasis dan mesin dengan Hyundai Tucson, maka kemungkinan besar mesin yang digunakan tidak akan jauh berbeda dengan Hyundai Tucson baru.

Sebagai informasi, Hyundai Tucson 2022 menggunakan mesin berkapasitas 2.5L 4 silinder. Lewat transmisi otomatis 8-percepatan, mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 190 hp dan torsi 247 Nm.
(wsb)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE