Jenis-Jenis Sepeda Motor yang Sering Dijumpai Sehari-Hari

Rabu, 09 Juni 2021 - 23:50 WIB
loading...
Jenis-Jenis Sepeda Motor yang Sering Dijumpai Sehari-Hari
Setiap jenis motor memiliki fungsi, pasar, dan tujuan penggunaan yang berbeda. Foto: ist
JAKARTA - Sepeda motor merupakan kendaraan yang paling banyak digunakan di Indonesia. Fungsinya bermacam-macam, ada yang untuk bekerja hingga sekadar hobi.

Menunggangi roda dua memang mengasyikkan. Terlebih jika digunakan untuk mobilitas di kota-kota besar, karena bisa menyingkat waktu sampai.

BACA JUGA: Review Xiaomi Redmi Note 10S, Benarkah Ponsel Mid-Range Terbaik di Harga Rp2 Jutaan?

Tetapi sebenarnya, sepeda motor memiliki bermacam jenis. Tentu disesuaikan juga dengan fungsinya.



Berikut ini jenis-jenis sepeda motor, dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (9/6):

Skuter

Jenis ini merupakan puncak dari klasemen sepeda motor. Skuter tak hanya banyak digunakan di kota besar, tetapi juga di kota kecil hingga pedesaan.

Jenis ini dinilai serba guna, selain nyaman juga bisa menempuh jarak jauh. Bahkan, banyak dari produsen telah menciptakan skuter besar yang menawarkan manfaat lebih.

Dual-Sport

Bergeser ke jenis lainnya, sepeda motor ini bisa menempuh jalur aspal maupun tanah. Meski cenderung digunakan sebagai hobi, tetapi tak sedikit juga yang menggunakan jenis ini untuk sehari-hari.



Standar/Naked-Bike

Sama seperti jenis sebelumnya, jenis ini juga kerap ditemui di jalan raya untuk mobilitas sehari-hari. Bentuknya yang cenderung lebih besar dari skuter, tetapi jenis ini menawarkan performa yang juga lebih besar.

Sportbike

Berbicara tentang performa, superbike merupakan jenis yang fokus menawarkan hal tersebut. Kecepatan hingga akselerasinya sangat tajam.

Meski dengan performa kencang, tetapi biasanya jenis ini dibuat dengan bobot yang ringan dan nyaman.

Retro

Saat ini para pemain di industri otomotif juga banyak menciptakan produk dengan nuansa klasik. Jenis ini memiliki segmen tersendiri, karena memiliki performa modern tetapi bergaya retro.

Cruiser

Jenis ini memiliki wujud yang relatif besar. Cara berkendaranya juga berbeda dengan jenis motor lainnya, karena memiliki bobot yang berat.

Hampir semua cruiser punya tampilan rendah, panjang, dan gagah. Meski begitu, cruiser biasanya menghasilkan tenaga besar dan mudah dikendarai.

BACA JUGA: Harga, Spesifikasi, dan Alasan Beli Samsung Galaxy M62

Touring

Meski semua jenis motor bisa digunakan untuk touring, tetapi pabrikan juga merancang jenis motor khusus touring. Fungsinya untuk perjalanan jarak jauh tetapi tetap menawarkan kenyamanan.
(dan)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE