Sistem Pengapian Bermasalah? Kenali Ciri-Ciri Busi Mobil Minta Diganti

Kamis, 10 Juni 2021 - 23:13 WIB
loading...
Sistem Pengapian Bermasalah? Kenali Ciri-Ciri Busi Mobil Minta Diganti
Busi berperan untuk pengapian dari campuran bensin dan udara yang telah dikompresi pada piston. Foto/dok
JAKARTA - Busi merupakan komponen yang penting dalam mesin mobil . Pasalnya busi berperan untuk pengapian dari campuran bensin dan udara yang telah dikompresi pada piston.

Sayangnya, kondisi busi sering diabaikan pemilik kendaraan mobil. Padahal busi memiliki masa pakainya yang seiring berjalannya waktu akan membuat sistem pengapian tidak berkerja secara optimal.

BACA: Ilmuwan Rusia Hidupkan hewan Purba Setelah Membeku Selama 24.000 Tahun

Bahkan jika busi tersebut rusak maka mesin mobil tidak akan menyala karena tidak ada pengapian dalam ruang bakar mesin. Dikutip dari Auto200, berikut ciri ciri busi harus di ganti:



1. Mobil terasa bergetar pada posisi idle

Ciri-ciri pertama adalah jika Anda merasakan getaran saat mobil dalam posisi idle (mesin hidup namun mobil tidak bergerak), bisa jadi itu adalah tanda busi mobil harus segera diganti.
Biasanya mobil dalam posisi idle, putaran mesin cenderung halus sehingga tidak menghasilkan getaran.

2. Mobil susah untuk distarter

Ciri-ciri yang kedua adalah mesin mobil sulit di starter. Hal ini disebabkan karena komponen busi memang berhubungan erat dengan sistem starter mobil.

Busi adalah komponen terpenting dalam sistem pengapian yang bertugas untuk mengolah bahan bakar agar mesin mobil dapat dihidupkan dengan mudah.

Jika busi itu rusak, maka sistem pengapian terganggu dan bahan bakar tidak bisa diolah menjadi tenaga untuk menggerakkan mobil. Maka mobil Anda tidak bisa di nyalakan .



BACA JUGA: Daftar iPhone yang Kebagian Update iOS 15

3. Tarikan mobil berat tidak bertenaga

Ciri-ciri ketiga busi mobil harus diganti juga bisa dilihat dari performa kendaraan mobil. Busi yang berumur akan memperlemah daya pengapian dan mengganggu performa mobil.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE