Hal-Hal yang harus Dipersiapkan sebelum Melakukan Touring

Minggu, 13 Juni 2021 - 11:40 WIB
loading...
Hal-Hal yang harus Dipersiapkan sebelum Melakukan Touring
Touring yang ideal adalah touring yang zero accident. Oleh karena itu peserta touring harus mempersiapkan beberapa hal sebelum touring. Foto/Yamaha
JAKARTA - Touringmerupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh bikers. Menunggangi roda dua dalam jarak jauh bersama-sama merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan.

Namun, dalam melaksanakan kegiatan touring, khususnya yang menempuh jarak ratusan atau bahkan ribuan kilometer dan memakan waktu cukup lama, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh bikers.

Mulai dari segi kondisi motor, kesiapan pengendara, sampai dengan pemahaman rute jalan yang akan dilalui.

“Persiapan touring cukup banyak dan tidak bisa dianggap sepele demi menunjang keselamatan dan kenyamanan di sepanjang perjalanan,” kata Antonius Widiantoro, Manager of Public Relation, YRA & Community, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, dalam keterangannya, Minggu (13/6/2021).



Baca juga : TikTok Dikritik karena Perbaiki Wajah Pengguna Tanpa Izin

Bagi para pecinta touring, berikut hal-hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan versi Yamaha.

1. Cek kondisi kendaraan

Perjalanan jarak jauh tentu memerlukan kondisi motor yang prima. Oleh karena itu, sebelum melakukan touring pastikan sudah melakukan pengecekan terhadap seluruh komponen motor, seperti ban, oli, aki dan lainnya.

Agar mempermudah, tidak ada salahnya membawa motor ke bengkel resmi terdekat untuk dilakukan pengecekan dan perawatan berkala.

2. Pastikan kondisi tubuh sehat



Hal lain yang tidak kalah penting adalah memastikan kondisi badan dalam keadaan sehat. Menjelang hari keberangkatan touring, siapkan fisik sebaik mungkin.

Caranya dengan tidur yang cukup dan jaga asupan makanan serta minuman, untuk meningkatkan konsentrasi ketika berkendara. Dan jangan coba memaksakan diri ketika merasa lelah diperjalanan, berhenti sejenak untuk istirahat guna memulihkan kembali tenaga dan konsentrasi.

3. Kenali rute perjalanan
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE