Cara Cek dan Mengetahui Penyebab Jamur pada Kaca Mobil

Minggu, 13 Juni 2021 - 18:30 WIB
loading...
Cara Cek dan Mengetahui Penyebab Jamur pada Kaca Mobil
Banyak pengguna yang abai terhadap perawatan kaca mobil, padahal kaca mobil berjamur menjadi problem yang mengganggu. Foto: ist
JAKARTA - Mobil dengan tampilan yang bersih saja sebenarnya tidak cukup. Sebab selain bersih, mobil juga harus bebas dari jamur, khususnya di bagian kaca.

Jika tanda kaca mobil berjamur, maka kenyamanan dan keselamatan mengemudi bisa jadi taruhannya. Memang tak berlebihan, sebab jamur kaca bisa mengganggu penglihatan saat mengemudi.

BACA JUGA: Ini Perbedaan Monitor Premium Huawei MateView dan MateView GT

Ada beberapa tanda mobil memiliki jamur kaca. Untuk mengetahuinya dapat mengandalkan visual. Berikut cara cek dan penyebab jamur pada kaca mobil, dilansir dari Blog Auto2000, Minggu (13/6).



1. Cek dari luar

Untuk mengetahui apakah jamur telah hinggap di kaca atau tidak, bisa melakukan pencucian mobil seperti biasa. Sabuni, bilas, dan lap hingga kering sempurna.

Atau jika tidak ingin repot, bawalah mobil ke tempat pencucian alias car wash. Setelah mobil sudah bersih pada semua bagiannya, cek dan perhatikan bagian kaca.

Jika terdapat bercak-bercak putih yang tidak hilang walaupun telah dilap sampai kering, maka itulah jamur kaca. Namun jika ada bercak yang bisa hilang setelah dilap hingga kaca bersih sempurna, maka artinya tidak ada jamur.

2. Cek saat malam

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah ada jamur atau tidak pada kaca mobil adalah saat malam hari. Sebelumnya, pastikan kaca depan dalam kondisi bersih.



Jika saat malam hari tidak dapat melihat jelas kendaraan dari luar, atau cahaya dari kendaraan lain berpendar tak jelas terlihat, maka bisa jadi itu dampak dari adanya jamur kaca.

Dampak sulitnya melihat cahaya dari kendaraan lain atau berpendar, bisa akan lebih buruk ketika kondisi hujan. Tentu hal ini bisa sangat berbahaya karena visibilitas terganggu.

Untuk itu, jika dua tanda tadi telah didapati, jabgan tunda untuk melakukan pembersihan jamur kaca mobil. Caranya bisa langsung datang ke bengkel-bengkel resmi di sekitar lokasi.

Penyebab tanda kaca mobil berjamur

Tentu tidak ada yang menginginkan terdapat jamur pada kaca mobil. Namun kehadirannya bisa dibilang tanpa bisa disadari, tiba-tiba saja muncul dan mengganggu penglihatan di kala mengemudi malam hari.

Jamur kaca timbul akibat sisa air yang dibiarkan mengering karena panas atau dibiarkan begitu saja. Contohnya, saat cuci mobil, air bekas bilasan yang tidak tersapu oleh lap dan berdiam di permukaan kaca bisa mengering karena panas.

BACA JUGA: Review Xiaomi Redmi Note 10S, Benarkah Ponsel Mid-Range Terbaik di Harga Rp2 Jutaan?

Dari situ, dampaknya bisa menyebabkan jamur pada permukaan kaca. Selain karena cuci mobil, guyuran hujan juga bisa jadi penyebabnya. Mobil yang sehabis kehujanan dan dibiarkan mengering begitu saja bisa saja menyebabkan jamur kaca.
(dan)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE