1 Juni 1934, Nissan Memulai Debutnya di Industri Otomotif

Selasa, 15 Juni 2021 - 23:57 WIB
loading...
1 Juni 1934, Nissan Memulai Debutnya di Industri Otomotif
Nissan LEAF . Foto/ Dok SINDOnews
A A A
TOKYO - Industri otomotif dunia mengalami turun-naik seiring zaman. Ada merek yang bertahan, ada juga merek yang menghilang. Salah satunya Nissan , merek lama yang masih pertahankan eksistensinya hingga saat ini.

Pada tahun 1920-an, industri otomotif dunia terus merangkak naik, seiring banyaknya konsumen yang ingin memiliki mobil pribadi.

Tentu peluang ini dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan otomotif, dengan menawarkan beragam desain menarik sesuai dengan harga.

Saat itu, pasar otomotif tak lagi hanya didominasi oleh pabrikan asal Amerika Serikat dan Eropa, tetapi pabrikan Asia juga ikut mengepakkan sayapnya.

Di tengah kondisi ini, pada 1 Juni 1934, Nissan memulai debutnya di industri otomotif. Perusahaan mulai mengembangkan berbagai inovasi mobil kepada masyarakat Jepang, bahkan juga mencoba memasarkan produknya ke dunia.

Nissan sebenarnya telah memasarkan mobilnya sejak 1911. Ketika itu, perusahaan belum bernama Nissan, melainkan Kaishinsha Motor Car Works.

Orang yang berada di balik perusahaan itu adalah Masujiro Hashioto, dan tercatat sebagai pabrikan mobil pertama di Jepang.

Masujiro membangun Kaishinsha Motor Car Works di distrik Azabu-Hiroo, Tokyo. Pabrik ini meluncurkan produksi pertamanya bernama DAT, pada 1914.

Nama itu diambil dari singakatan keluarga investor perusahaan, yakni Kenjiro Den, Rokuro Aoyama, dan Meitaro Takeuchi.

Perusahaan kemudian bertransformasi menjadi DAT Motors. Fokusnya adalah untuk membuat truk, karena fakta mengatakan tak ada pasar untuk mobil jenis penumpang di Jepang ketika itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7171 seconds (0.1#10.140)