Land Rover Uji Coba Defender Berbahan Bakar Hidrogen

Rabu, 16 Juni 2021 - 06:07 WIB
loading...
Land Rover Uji Coba Defender Berbahan Bakar Hidrogen
Land Rover sedang mengerjakan prototipe dan berencana untuk mulai menguji versi tanpa emisi dari SUV ikoniknya menjelang akhir tahun 2021 di Inggris. Foto/dok
JAKARTA - Produsen otomotif dunia, Jaguar Land Rover menargetkan bisa mencapai emisi nol karbon pada tahun 2036. Untuk mewujudkan ambisinya itu, Land Rover mengembangkan Defender berbahan bakar hidrogen.

Dilansir Engadget, Selasa (15/6/2021), produsen mobil itu mengatakan saat ini sedang mengerjakan prototipe dan berencana untuk mulai menguji versi tanpa emisi dari SUV ikoniknya menjelang akhir tahun 2021 di Inggris.

BACA: Land Rover Bangkitkan Kembali Pesona Land Rover Defender Camel Tropy

Sel bahan bakar hidrogen dapat memberi daya pada kendaraan dengan menggabungkan hidrogen dan oksigen untuk menghasilkan listrik dan hanya menghasilkan air sebagai emisi.



Jaguar Land Rover menjelaskan bahwa sel bahan bakar memungkinkan pengisian bahan bakar yang cepat dan memiliki kepadatan energi yang tinggi, menjadikannya ideal untuk kendaraan yang lebih besar dan jarak jauh.

Perusahaan telah menjuluki pekerjaan yang dilakukannya untuk mengembangkan kendaraan energi bersih sebagai "Proyek Zeus." Sebagian didanai oleh Pusat Propulsi Lanjutan yang didukung pemerintah Inggris. Inisiatif ini akan memberi para insinyur Jaguar informasi yang mereka butuhkan untuk dapat mengoptimalkan powertrain hidrogen.

BACA JUGA: Tolong Dijaga, Dua Anak Badak Jawa Langka Terlihat di TN Ujung Kulon

Jaguar berharap dengan mengembangkan kendaraan sel bahan bakar hidrogen bisa memberikan kinerja dan kemampuan yang sama seperti rekan konvensional mereka.

Selain menargetkan emisi nol karbon pada tahun 2036, Jaguar juga berharap untuk mencapai emisi nol karbon bersih di seluruh rantai pasokan, produk, dan operasinya pada tahun 2039.

Ralph Clague, Kepala Hidrogen dan Sel Bahan Bakar untuk Jaguar Land Rover , mengatakan dalam sebuah pernyataan, pihaknya tahu hidrogen memiliki peran dalam campuran powertrain masa depan di seluruh industri transportasi, dan di samping kendaraan listrik baterai.



BACA JUGA: Setelah Telkomsel, Kini Indosat Ooredoo Resmi Hadirkan 5G di Indonesia

"Hidrogen menawarkan solusi emisi nol karbon lainnya untuk kemampuan dan persyaratan spesifik dari jajaran kendaraan kelas dunia Jaguar Land Rover," terangnya.

Jaguar tidak mengungkapkan kapan Defender berbahan bakar hidrogen mulai menjalani tes baterai tahun ini. Ini untuk memverifikasi atribut utama, termasuk kemampuan off-road dan konsumsi bahan bakar.
(ysw)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE