Jalan Panjang Hyundai, Pabrikan Otomotif Korea Selatan yang Mendunia

Minggu, 20 Juni 2021 - 16:01 WIB
loading...
Jalan Panjang Hyundai, Pabrikan Otomotif Korea Selatan yang Mendunia
Ada sejarah panjang dibalik kesuksesan suatu merek. Salah satunya Hyundai, perusahaan otomotif asal Korea Selatan. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Kemajuan sebuah perusahaan tidak terjadi dalam semalam. Ada sejarah panjang dibalik kesuksesan suatu merek. Salah satunya Hyundai , perusahaan otomotif asal Korea Selatan.

Pada tahun 1947, Perusahaan Rekayasa dan Konstruksi Hyundai didirikan. Nama 'Hyundai' berarti 'zaman modern', berasal dari kata Korea 'Hyun' yang berarti modern atau sekarang dan 'Dai' yang mengacu pada 'era' atau 'generasi'.



Menyusul pembebasan Korea Selatan pada tahun 1945, perusahaan tersebut dianugerahi kontrak konstruksi pemerintah yang besar dan bertanggung jawab untuk membangun sebagian besar infrastruktur transportasi negara itu seiring dengan pesatnya industri negara tersebut.

Pada tahun 1967, Hyundai Motor Company didirikan. Tahun berikutnya, pembangunan pabrik perakitan Ulsan perusahaan selesai dibangun.

Saat ini, pabrik di Ulsan menjadi fasilitas manufaktur mobil terintegrasi terbesar di dunia, dengan kapasitas produksi tahunan 1,6 juta unit, demikian dilansir dari laman resmi Hyundai, Minggu (20/6/2021)

Dengan armada kapal global yang dioperasikan oleh Hyundai Glovis dan afiliasi pembuatan bajanya sendiri, Hyundai Motor Group mengendalikan seluruh rantai pasokannya.

Pada tahun 1968, Cortina adalah kendaraan pertama yang berhasil dirakit oleh Hyundai di pabrik Ulsan, bekerja sama dengan Ford Motor Company.

Menyusul kesuksesan awal Cortina dan akhirnya mendominasi pasar Eropa, Hyundai memutuskan untuk mengembangkan mobilnya sendiri. Perusahaan mempekerjakan George Turnbull, mantan Managing Director Austin Morris di British Leyland pada Februari 1974.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2403 seconds (0.1#10.140)