Ikuti Jejak Harley-Davidson, MV Agusta Ciutkan Mesin

Kamis, 24 Juni 2021 - 08:01 WIB
loading...
Ikuti Jejak Harley-Davidson, MV Agusta Ciutkan Mesin
Salah satu motor besar MV Agusta. FOTO/ IST
BEIJING - Di tengah gempuran pandemi virus corona dan menurunnya daya beli membuat banyak pabrikan sepeda motor kini beralih mencari peluang untuk menjajaki segmen yang lebih kecil agar dapat bertahan.

Diantaranya adalah Harley-Davidson yang dikabarkan telah bekerja sama dengan pihak di China untuk produksi sepeda motor di bawah 500cc namun hingga saat ini statusnya masih sebatas foto sketsa.

BACA JUGA - Langsam Jurus Maut 'Tepeng' Steven And Coconut Treez

Produsen sepeda motor Aprilia juga mengambil langkah serupa tetapi membuktikan nilainya dengan meluncurkan dua produk baru ke pasar China, RS 125 dan Tuono 125.



MV Agusta juga mengikutinya dengan menunjukkan minat di segmen 500cc. Pembuat sepeda motor Italia telah menandatangani kemitraan jangka panjang dengan perusahaan otomotif China Loncin.

Kolaborasi tersebut untuk menyukseskan pembuatan sepeda motor basic dua silinder dengan kapasitas mesin 350cc hingga 500cc. Namun, hubungan itu gagal membuahkan hasil.

MV Agusta telah menandatangani perjanjian dengan Qianjiang Motorcycles (QJmotor), sebuah perusahaan Cina dan juga perusahaan induk Benelli.

Kini, muncul rumor bahwa tim teknis MV Agusta sedang mengerjakan pengembangan mesin baru sekelas 550cc. Kabarnya, mesin tersebut dibangun kembali dari basis power train Benelli 502. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 48hp dan dinilai cukup bertenaga dan kompetitif di pasaran.

Jika semua berjalan lancar, MV Agusta berpeluang besar menjajaki segmen sepeda motor kecil. Namun, belum ada kabar mengenai jenis motor yang akan keluar nanti, baik versi naked sport maupun full fairing.
(wbs)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE