Lakukan Hal Ini Setelah Mobil Anda Menerjang banjir!

Rabu, 30 Juni 2021 - 22:25 WIB
loading...
Lakukan Hal Ini Setelah Mobil Anda Menerjang banjir!
Rem, kaki-kaki, oli, hingga radiator adalah beberapa hal yang harus diperhatikan setelah mobil menerjang banjir. Foto: Sindonews
A A A
JAKARTA - Terkadang menerjang banjir di jalan menjadi dilema untuk diri sendiri. Anda tidak tau persis berapa kedalaman banjir pada jalan tersebut.

Akan tetap jika Anda berhasil menerobos banjir ada baiknya ada beberapa hal yang perlu Anda cek dan lakukan. Karena komponen yang terendam air akan mengurangi kinerja mobil jadi tidak optimal.


Berikut ini dilansir dari Toyota Astra, mengenai beberapa komponen mesin yang mesti kamu cek dan test sertelah menerjang banjir.

1. Rem

Untuk tipe mobil yang masih mengadopsi rem teromol, alangkah baiknya ketika setelah menerjang area banjir Anda menekan rem berkali-kali sampai normal. Pasalnya, mekanisme rem teromol membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa bekerja optimal ketimbang cakram setelah melewati banjir. Tekan berulang kali sampai kinerja rem bekerja dengan baik dan optimal.

2. Kaki-Kaki mobil

Komponen pada kaki-kaki mobil meliputi as roda, tie rod, dan ball joint yang biasanya diberikan boot karet dengan gemuk sebagai media pelumas komponen. Namun jika boot karet ini robek dan bercampur dengan kotoran air banjir, maka risiko komponen kaki-kaki bisa mengalami karat dan lecet. Lakukan pengecekan kaki-kaki mobil. Bila di dapati tie rod dan balljoint yang sudah oblak segera ganti untuk kenyamanan berkendara.

3. ECU

Memang sekalipun ECU sudah di desain dengan penempatan aman. Namun tetap saja ‘otak’ dari sistem elektronik di mobil ini bermusuhan dengan air. Ketika terpaksa menerjang banjir maka perhatikan baik-baik ketinggian dari air tersebut. Jika genangan air lebih tinggi dari pada mobil sebaiknya hindari.

Jika tetap di terjang maka dapat menyebabkan kerusakan ECU yang berdampak fatal pda komponen mobil. ECU yang terkena air dan bermasalah, siap-siap merogoh kocek belasan hingga puluhan juta rupiah untuk mengganti ECU mobil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2372 seconds (0.1#10.140)