Mengetahui Bagian AVOmeter dan Cara Menggunakannya pada Mobil

Jum'at, 02 Juli 2021 - 00:18 WIB
loading...
Mengetahui Bagian AVOmeter dan Cara Menggunakannya pada Mobil
AVOmeter merupakan sebuah alat ukur multimeter yang umum digunakan pada bidang kelistrikan, termasuk untuk sistem kelistrikan mobil. Foto/dok
A A A
JAKARTA - AVOmeter merupakan sebuah alat ukur multimeter yang umum digunakan pada bidang kelistrikan, termasuk untuk sistem kelistrikan mobil . Disebut dengan multimeter, karena AVOmeter dapat digunakan untuk mengukur arus listrik, tegangan baik AC maupun DC, sekaligus resistensi atau hambatan.

Melansir dari laman Auto2000, Kamis (1/7/2021), hingga saat ini ada dua jenis AVOmeter yang beredar di pasaran, yakni AVOmeter analog dan AVOmeter digital.



Untuk mengetahui cara menggunakan AVOmeter, baik itu analog maupun digital, ada baiknya pemilik mobil juga mengetahui bagian-bagian yang ada pada masing-masing AVOmeter tersebut.

Bagian-bagian AVOmeter analog

AVOmeter analog terdiri atas beberapa komponen, yaitu:

• Display pengukuran. Melalui layar ini, bisa mengetahui hasil pengukuran yang ditunjukkan oleh jarum meter (pointer) pada skala pengukuran.

• Jarum meter, berfungsi menunjukkan hasil pengukuran.

• Range selector. Komponen ini memiliki fungsi untuk memilih satuan yang ingin diukur, bisa Ampere (arus), Volt (tegangan), maupun Ohm (hambatan).

• Sekrup pengatur jarum, yakni penyetel jarum agar berada pada posisi netral.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6425 seconds (0.1#10.140)