Land Rover, Mobil Kotak untuk Pertanian di Inggris yang Melegenda

Sabtu, 03 Juli 2021 - 17:05 WIB
loading...
Land Rover, Mobil Kotak untuk Pertanian di Inggris yang Melegenda
Mengusung desain kotak, kehadiran Land Rover bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pertanian rakyat Inggris. Foto/dok
A A A
LONDON - Mengusung desain kotak, kehadiran Land Rover bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pertanian rakyat Inggris. Pada 1947, konsep pertama mobil ini rampung dibuat.

Adalah Maurice Wilks, adik dari Spencer Wilks selaku Managing Director dari Rover Company Limited, yang menginisiasi pembuatan Land Rover.



Pada 1948, mobil pertama Land Rover yang dinamakan Seri 1, resmi diumumkan ke publik, lewat pameran otomotif bertajuk Amsterdam Motor Show.

Mobil itu hadir dengan mesin P3 berkapasitas 1.600 cc dengan tenaga 50 hp, serta dikombinasikan dengan transmisi manual 4 percepatan.

Kehadiran Seri 1 direspon positif oleh pasar. Model ini cukup laris dan memiliki banyak peminat.

Pada tahun 1950, perusahaan melakukan perombakan. Demi meningkat kepuasan pelanggannya, mesin di mobil Land Rover ditingkatkan menjadi 2.000 cc.

Di tahun yang sama, merek mobil Land Rover resmi berubah status. Awalnya, mobil ini dibuat sebagai kendaraan komersial yang bebas pajak kendaraan.



Kemudian setelah melalui persidangan, Land Rover akhirnya diputuskan sebagai kendaran MPV, yang dapat digunakan sebagai kendaraan penumpang maupun kendaraan komersial.

Setelah sukses dengan model sasis pendek, pada tahun 1956 perusahaan perkenalkan mobil lima pintu pertama dengan model station wagon yang dapat memuat 10 orang.

Tujuan perubahan ini agar mobil mampu menempuh perjalanan ke daerah terpencil, tetapi tetap mampu menampung kapasitas yang banyak.

Pada tahun 1957, Land Rover mengembangkan mesin diesel berkapasitas 2.000 cc. Mesin diesel ini menjadi mesin pertama yang tercepat dan berhasil dirakit oleh perusahaan. Mesin itu dapat memuntahkan tenaga 52 hp pada 4.000 rpm.

Land Rover seri 1 generasi pertama memiliki ciri letak lampu depan yang ada dibalik grill. Seri 1 generasi kedua memiliki lampu depan yang menyatu dengan grill.

Sedangkan generasi terakhir, memiliki lampu depan yang berada tepat di samping grill. Selain itu, yang menjadi ciri khasnya adalah kaca depan yang dapat dilipat ke arah kap mesin.

Land Rover juga memperkenalkan mesin pilihan untuk model short wheelbase, yakni mesin V8 berkubikasi 3.528 cc.



Pada 1983, generasi ketiga diperkenalkan dengan long wheelbase. Di samping itu, terdapat ubahan lain untuk menyempurnakan model mulai dari transmisi hingga suspensi.

Seiring berjalannya waktu, pada 1984 pabrikan mengembangkan 2.495 cc diesel. Lalu pada 1985, kapasitas mesin bensinnya juga ditingkatkan, dari 2.286 cc menjadi 2.495 cc.

Sementara peluncuran mesin turbo diesel 2.495 cc dilakukan pada 1986. Hingga saat ini, sudah ada berbagai model yang diciptakan oleh perusahaan. Land Rover tetap mempertahkan model kotak ikoniknya yang sudah melegenda.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4647 seconds (0.1#10.140)