Ternyata Jalan Beton Bikin Ban Mobil Lebih Cepat Botak

Kamis, 08 Juli 2021 - 23:02 WIB
loading...
Ternyata Jalan Beton Bikin Ban Mobil Lebih Cepat Botak
Jalan beton memang dapat membuat roda menjadi lebih cepat aus ketimbang jalan beraspal. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Belakangan ini, jalan di Indonesia banyak dibangun menggunakan material beton dibanding aspal, seperti pembangunan baru sejumlah jalan tol di beberapa daerah. Sayangnya, jalan beton ternyata tidak bersahabat bagi ban mobil Anda karena bisa menyebabkan lebih cepat tipis.

Jalanan beton sering di menjadi pilihan pada proyek pembangunan jalan, karena memang memiliki daya tahan tinggi dan awet. Selain itu jalan beton juga memiliki kemampuan untuk menahan rembesan air sehingga tidak mudah rusak ketimbang jalanan aspal.



Maka dari itu ini jalan beton sangat cocok di Indonesia mengingat mempunyai curah hujan yang tinggi. Namun nampaknya jalanan beton tidak bersahabat bagi ban kendaraan.

Dilansir dari situs resmi Toyota Astra, secara teori, jalan beton memang dapat membuat ban menjadi lebih cepat aus ketimbang jalan beraspal.

Hal ini disebabkan karena kontur dan karakteristik beton yang keras membuat karet pada bahan dasar ban akan kalah. Terlebih jika ditemui jalan beton yang masih baru, itu akan mempercepat tingkat keausan ban meningkat berkisar 20 persen ketimbang jalanan beraspal.



Sebab jalan beton yang baru dibangun memiliki permukaan jalan yang kasar akibat belum tergilas kendaraan. Ha tersebut yang mempercepat umur pake ban mobil .

Selain itu berkendara di jalan beton membuat traksi pada ban tidak maksimal ketimbang jalanan aspal. Jalan beton juga di anggap tidak nyaman bila di lewati. Hal itu disebabkan karena ban menimbulkan bunyi berisik yang kencang bahkan terdengar jelas sampai dalam kabin mobil.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1986 seconds (0.1#10.140)