Mobil Banyak Parkir Saat PPKM Darurat, Ini Komponen yang Perlu Diperhatikan

Senin, 12 Juli 2021 - 13:05 WIB
loading...
Mobil Banyak Parkir Saat PPKM Darurat, Ini Komponen yang Perlu Diperhatikan
Pemeriksaan dan perawatan sangat perlu tetap dilakukan oleh pemilik kendaraan, khususnya roda empat. Tujuannya agar mobil tetap dalam kondisi optomal dan nyaman ketika digunakan aktivitas sehari-hari. Foto
A A A
JAKARTA - PPKM Darurat yang diterapkan di Pulau Jawa dan Bali memaksa masyarakat untuk tetap di rumah hingga 20 Juli mendatang. Berkurangnya aktivitas di rumah rumah, tentu membuat kendaraan juga jarang dipakai.

Meski begitu, pemeriksaan dan perawatan sangat perlu tetap dilakukan oleh pemilik kendaraan, khususnya roda empat. Tujuannya agar mobil tetap dalam kondisi optomal dan nyaman ketika digunakan aktivitas sehari-hari.



PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi, mengatakan, bahwa pemeriksaan kondisi mobil bisa dilakukan secara mandiri dengan mudah di waktu-waktu senggang kala di rumah, tanpa harus pergi ke bengkel.

Berikut 5 tips yang bisa diperiksa mandiri oleh pemilik mobil, versi PT Sokonindo Automobile.

1. Sistem Kelistrikan

Pemilik kendaraan bisa memeriksa sistem kelistrikan dengan dimulai dari memeriksa kondisi aki yang berada di dalam mesin. Pada aki biasanya terdapat indikator yang menunjukan kondisi kerjanya.

Apabila indikator tampak berwarna merah maka aki harus segera diganti karena sudah soak, berwarna putih maka aki harus segera di-charge, dan warna biru menunjukkan aki masih prima.

Setelah itu, pemilik mobil bisa melakukan pemeriksaan dengan mengaktifkan sejumlah komponen lainnya, seperti lampu sein, lampu hazard, lampu utama, wiper, dan head unit.

"Apabila semua komponen bekerja dengan baik, maka kemungkinan besar sistem kelistrikan kendaraan dalam kondisi baik dan optimal," jelas Rofiqi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2435 seconds (0.1#10.140)