Ini Dia Bunyi-bunyi Horor dari Mobil yang Perlu Diperhatikan

Selasa, 13 Juli 2021 - 14:00 WIB
loading...
Ini Dia Bunyi-bunyi Horor dari Mobil yang Perlu Diperhatikan
Jangan remehkan bunyi-bunyian yang muncul di mobil Anda jika tidak ingin kerusakannya merembet dan membesar. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Mendeteksi ketidakberesan yang ada di mobil sebenarnya sangat mudah dilakukan. Umumnya mobil akan mengeluarkan beberapa jenis bunyi menyesuaikan dari lokasi kerusakan yang terjadi.

Sayangnya banyak pemilik mobil kerap menganggap remeh suara-suara tersebut. Padahal semakin cepat sumber bunyi itu ditangani maka kerusakan yang terjadi tidak makin membesar. Parahnya lagi kerusakan justru akan merembet ke lokasi lainnya.



Perlu diketahui setiap bunyi yang dihasilkan dari berbagai lokasi yang ada di kendaraan roda empat akan berbeda satu sama lain. Nah, berikut ini beberapa bunyi-bunyian yang bisa Anda perhatikan. Jika menemukan bunyi berisik pada mobil yang harus diwaspadai seperti di bawah ini, segera berkonsultasilah dengan bengkel resmi atau bengkel non resmi spesialis.

1. Mendengung Keras
Ini Dia Bunyi-bunyi Horor dari Mobil yang Perlu Diperhatikan


Ketika Anda menjumpai ini besar kemungkinan penyebabnya adalah fan belt yang terlalu kencang. Fan belt harus segera diperbaiki dengan segera karena bisa berdampak pada putusnya fan belt tersebut.

Kalau fan belt terputus menyebabkan water pump dan alternator tidak bekerja. Mobil akan menjadi panas karena sistem pendingin mesin tidak bekerja atau mesin mati karena tidak ada pasokan listrik ke aki.

2. Mencicit
Ini Dia Bunyi-bunyi Horor dari Mobil yang Perlu Diperhatikan


Tidak hanya fan belt yang terlalu kencang yang menyebabkan masalah pada mobil, namun yang terlalu kendur pun juga bisa. Fan belt yang kendur ini bisa menyebabkan mobil mengeluarkan suara mencicit dari dalam ruang mesin mobil.

Fan belt yang kendur juga tidak boleh dibiarkan begitu saja karena efek yang ditimbulkan sama dengan fan belt terlalu kencang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6205 seconds (0.1#10.140)