Catat, Begini Cara Merawat Mobil Kelamaan Nganggur karena PPKM Darurat

Rabu, 14 Juli 2021 - 02:08 WIB
loading...
Catat, Begini Cara Merawat Mobil Kelamaan Nganggur karena PPKM Darurat
Penting bagi Anda untuk merawat dan mengecek kendaraan di rumah supaya mesin selalu dalam kondisi prima. Foto/dok
JAKARTA - Peraturan PPKM darurat mulai diberlakukan tanggal 3-20 Juli 2021 di Pulau Jawa-Bali membuat aktifitas masyarakat lebih banyak di rumah. Dalam jangka waktu PPKM darurat itu, otomatis kendaraan Anda tidak digunakan cukup lama.

Kondisi tersebut justru akan menyebabkan mobil tidak terawat yang akan mengakibatkan mobil susah di starter karena lama tidak digunakan. Maka dari itu penting bagi Anda untuk merawat dan mengecek kendaraan di rumah supaya mesin selalu dalam kondisi prima.

BACA: Deretan Mobil Ini Tak Pernah Terlihat Antre di SPBU, Tebak Apa Saja?

Berikut ini mengenai komponen yang bisa Anda rawat dan cek di rumah ketika masa PPKM darurat:

1. Mengecek oli mesin dan transmisi

Hal pertama yang mudah di terapkan yaitu dengan mengecek level dan warna oli mesin yang Anda gunakan. Caranya cukup dengan menarik dipstick oli (berwarna kuning atau orange atau hitam untuk oli transmisi) dan amati.



Jika di temui volume oli yang kurang dan oli yang sudah mulai keruh, maka Anda bisa menambahkan dengan oli baru atau segera ganti oli mesin dan transmisi dengan yang baru lewat layanan bengkel yang bisa dipanggil ke rumah.

2. Cek air radiator

Selanjutnya periksa juga level air radiator pada tabung reservoir. Apabila di dapati volume air berkurang ( berada di lower) maka tambahkan air radiator dengan air coolant dengan segera. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya overheat akibat air radiator yang habis pada saat Anda menggunakan mobil untuk beraktivitas.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE