Ekspatriat Jepang Ramai-ramai Pulang Kampung, Bagaimana di Daihatsu?

Jum'at, 16 Juli 2021 - 07:00 WIB
loading...
Ekspatriat Jepang Ramai-ramai Pulang Kampung, Bagaimana di Daihatsu?
Protol kesehatan yang ketat dilakukan di seluruh kantor PT Astra Daihatsu Motor (ADM) termasuk di kantor pusat. Foto/ADM.
JAKARTA - Pemerintah Jepang telah membawa pulang para tenaga kerja asing (TKA) asal Jepang yang bekerja di Indonesia seiring dengan makin mengkhawatirkannya pandemi Covid-19. Para tenaga kerja asing atau ekspatriat dari negeri matahari terbit itu dibawa pulang dengan menggunakan pesawat yang telah dipesan oleh pemerintah Jepang.

Para pekerja Jepang itu datang dari berbagai sektor bisnis yang ada di Indonesia. Bagaimana dengan para ekspatriat Jepang yang berkecimpung di industri otomotif? Diketahui saat industri otomotif di Indonesia didominasi oleh perusahaan Jepang. Para ekspatriat Jepang bahkan mengisi berbagai posisi di industri tersebut mulai dari eksekutif hingga tenaga kerja lapangan.

Salah satunya adalah PT Astra Daihatsu Motor yang memang banyak mempekerjakan ekspatriat Jepang. Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sedikit berdiplomasi mengenai pemulangan karyawan Jepang yang ada di Daihatsu.

Baca juga : Vaksin Covid-19 yang Disemprot ke Hidung Dibuat untuk yang Takut Jarum Suntik

Dia mengatakan saat ini Daihatsu mengikuti arahan yang telah diberikan oleh pemerintah Jepang. Arahan itu berupa pemulangan karyawan Jepang yang telah habis masa kontraknya. Mereka-mereka yang sudah habis masa kerjanya harus segera dipulangkan.

"Untuk tenaga kerja baru sebisa mungkin diminimalkan. Mereka yang datang (ke Indonesia) harus mengikuti protokol Covid-19," jelas Amelia Tjandra.



Lalu bagaimana yang masa kerjanya masih panjang di Indonesia, terutama para eksekutif Jepang yang ada di PT ADM? "Kalau yang masih belum habis kontraknya, mereka masih work from home," ujar Amelia Tjandra singkat.

Sementara, kabar pemulangan warga Jepang ini awalnya disampaikan oleh Kepala Sekretaris Kabinet yang juga juru bicara Pemerintah Jepang, Katsunobu Kato. "Warga Jepang yang ingin pulang bisa kembali ke Jepang sesegera mungkin, sebanyak mungkin," kata Kato, seperti diberitakan Nikkei Asia pada Selasa, 13 Juli 2021.

Nikkei Asia juga melaporkan sebuah pesawat dari maskapai All Nippon Airways sudah membawa pulang 50 ekspatriat Jepang dan keluargnya meninggalkan Indonesia. Pesawat mendarat di Bandara Narita, dekat Tokyo.

Baca juga : Saat Meninggal, Jutawan Australia Ingin Dikubur di Dalam Mobil Morgan



Sementara Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kenji Kanasugi menyebutkan kebijakan pemulangan karyawan Jepang itu terkait dengan program vaksinasi bagi warga Jepang yang tinggal di luar negeri. Program tersebut akan dimulai pada 1 Agustus 2021. Sehingga, warga Jepang yang pulang tersebut akan dapat vaksinasi di Tanah Air mereka sendiri.

"Namun, mereka akan kembali ke Indonesia setelah mendapatkan vaksin di Jepang," kata Kenji lewat akun resmi instagram @jpnambsindonesia pada Rabu, 14 Juli 2021.
(wsb)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE