Banyak yang Tertipu, Begini Cara Bedakan Oli Mobil Asli dengan Palsu

Jum'at, 16 Juli 2021 - 02:27 WIB
loading...
Banyak yang Tertipu, Begini Cara Bedakan Oli Mobil Asli dengan Palsu
Sekarang ini banyaknya oknum nakal yang memanfaatkan keadaan dengan memproduksi oli palsu dan memasarkannya. Foto/dok
JAKARTA - Oli merupakan cairan penting untuk kendaraan yang berfungsi untuk melumasi semua komponen mesin mobil. Pastikan Anda selalu peduli pada kendaraan dengan rutin mengganti oli mesin.

Namun dalam mengganti oli mobil Anda mesti hati-hati, sekarang ini banyaknya oknum nakal yang memanfaatkan keadaan dengan memproduksi oli palsu dan memasarkannya.

BACA: Modellista Bikin Toyota Land Cruiser 300 Jadi Lebih Berkharisma

Parahnya adalah kasus yang terjadi akibat pemalsuan oli kendaraan ini tergolong tidak sedikit, namun banyak kasus bahkan sudah beredar luas dipasaran yang otomatis menimbulkan dampak keresahan bagi masyarakat pengguna kendaraan.

Maka dari itu Anda khususnya sebagai pengguna kendaraan harus teliti mengamati dan membedakan oli asli dan oli palsu sebelum membeli. Berikut ini dilansir dari laman resmi Suzuki Trada (15/07/2021), mengenai tips membeli pelumas agar terhindari dari oli palsu:

1. Perhatikan kondisi botol oli mesin



Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memperhatikan kondisi fisik oli mesin yang akan dibeli. Pastikan kemasan oli mesin dalam kondisi baru. Hal itu disebabkan karena produsen oli palsu kebanyakan menggunakan botol bekas untuk tidak mengeluarkan biaya extra dalam mencetak botol baru. Pabrikan oli asli tidak akan memproduksi botol daur ulang atau yang sudah usang.

2. Lihat kode dan nomor produksi pada botol oli mesin

Langkah kedua Anda bisa periksa kode produksi dalam botol oli mesin . Setiap pabrikan pasti memiliki kode/nomor identifikasi yang didesain pada 2 tempat yang berbeda, yaitu terletak pada tutup botol dan kedua pada botol oli. Samakan kode atau nomor produksi pada kemasan oli tersebut. Jika beda 1 angka saja dapat dipastikan Anda membeli oli palsu.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE