Bisa Sebabkan Mesin Panas, Ketahui 4 Penyebab Air Radiator Berkurang

Minggu, 18 Juli 2021 - 19:02 WIB
loading...
Bisa Sebabkan Mesin Panas, Ketahui 4 Penyebab Air Radiator Berkurang
Air radiator menjadi salah satu komponen penting dalam sistem pendingin mobil. Foto/dok
JAKARTA - Air radiator menjadi salah satu komponen penting dalam sistem pendingin mobil. Namun adakalanya air radiator berkurang.

Nah, ternyata ada beberapa faktor yang membuat air radiator berkurang. Jika hal ini terus dibiarkan, tentunya akan mengganggu performa mobil.

BACA: Empat Tahun Lagi Jepang Akan Produksi Mobil Listrik

Dilansir dari laman Auto2000, Minggu (18/7/2021), berikut ini faktor penyebab air radiator mobil berkurang.

1. Tutup radiator melemah

Salah satu hal yang menjadi penyebab dari berkurangnya air radiator adalah karena tekanan tutup pada radiator yang sudah melemah. Biasanya hal ini dikarenakan kerusakan yang ada pada karet pada bagian tutup radiator yang dapat membuat air radiator lebih cepat habis dibandingkan biasanya.



Karena tutupnya yang sudah mulai melemah akan membuat air radiator mengalir menuju tabung untuk air cadangan dengan cepat, bahkan sebelum pressure valve terbuka. Untuk mengatasinya Anda harus mengganti karet tutup radiator dengan yang baru.

2. Kebocoran pada Water Pump

Water pump merupakan komponen yang berfungsi untuk memompa serta sebagai sirkulasi air yang ada di dalam mesin mobil. Jika terjadi kerusakan pada komponen ini, maka akan menyebabkan penurunan volume air radiator yang cukup drastis. Parahnya, kebocoran yang disebabkan akan sangat besar, karena air yang mengalir akan cukup deras.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE