Musim Hujan, Kondisikan Part Ini Agar Mobil Anda Tidak Cepat Rusak

Rabu, 21 Juli 2021 - 04:06 WIB
loading...
Musim Hujan, Kondisikan Part Ini Agar Mobil Anda Tidak Cepat Rusak
Perlu perhatikan beberapa bagian ini agar mobil Anda dalam kondisi baik selama musim hujan. Foto/dok
JAKARTA - Saat ini, Indonesia sedang mengalami curah musim hujan yang cukup tinggi. Kondisi ini dapat menyebabkan genangan air yang bisa mengotori mobil kesayangan Anda. Musim hujan memang akan membuat Anda perlu melakukan perawatan extra mobil Anda.

Musim hujan merupakan musuh bagi transportasi kendaraan dimana jika tidak dirawat maka Anda harus siap menerima konsekuensi seperti berkarat, pengereman jadi tidak maksimal karena basah serta jalan yang licin yang dapat menimbulkan kecelakaan.

BACA: 5 Kebiasaan Ini Harus Dihindari AgarTransmisi Manual Mobil Anda Awet

Maka dari itu perlu untuk peduli pada kendaraan Anda sendiri. Berikut ini dirangkum dalam beberapa sumber (20/07/2021), mengenai cara merawat mobil pada saat memasuki musim hujan

1. Pastikan wiper dalam kondisi baik

Wiper merupakan part yang sangat penting bagi kendaraan ketika mengalami musim hujan. Pasalnya wiper berfungsi untuk membersihkan kaca dari debu, kotoran, menyapu air pada saat ujan guna untuk membuat jarak pandang Anda baik ketika berkendara.



Wiper yang sudah rusak, getas atau robek tidak akan membersihkan kaca depan mobil dengan maksimal dan berpotensi membuat kaca mobil baret. Jika sudah seperti itu maka akan menggangu pandangan Anda pada saat berkendara. Gantilah bilah/karet wiper dengan yang baru apabila ditemukan wiper dalam kondisi rusak.

2. Cuci mobil Anda dengan rutin

Tidak bisa dipungkiri bahwa air hujan mengandung asam yang akan berpotensi merusak body dan cat mobil. Cuci mobil segera atau keringkan dengan menggunakan chamois/kanebo. Jangan menunggu kering dengen sendirinya. Sebab, noda pada mobil atau kandungan zat asam pada air hujan membuat mobil dapat berkarat.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE