5 Kebiasaan Ini Harus Dihindari Agar Transmisi Manual Mobil Lebih Awet

Rabu, 30 Juni 2021 - 04:07 WIB
loading...
5 Kebiasaan Ini Harus Dihindari Agar Transmisi Manual Mobil Lebih Awet
Cara mengemudi yang benar bisa memengaruhi keawetan komponen mesin. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Banyak pemilik mobil yang minim pengetahuan bagaimana mengendarai mobil dengan baik agar bisa menambah usia komponen kendaraan.

Karena berkendara secara sembrono, beberapa komponen mesin jadi lebih cepat rusak dari yang seharusnya, misalnya kopling pada mobil transmisi manual.

Pada ulasan ini akan membahas tentang kebiasaan buruk penggunaan transmisi yang salah dan harus di hindari, khususnya pada mobil bertransmisi manual.



Berikut ini daftar lima kebiasaan buruk yang harus Anda hindari ketika berkendara dengan mobil transmisi manual:

1. Menggunakan tuas persneling sebagai sandaran tangan

Masih banyak pengemudi yang memiliki kebiasaan mengistirahatkan tuas persneling dan menganggap bahwa cara ini rileks dan tidak berbahaya. Namun hal tersebut adalah cara yang salah. Sebab, meletakkan tangan Anda di tuas menyebabkan synchromesh menjadi aus dan rusak.

Hal itu disebabkan karena terdapat tekanan ekstra yang diterapkan pada garpu pemindah dan gigi yang berputar di bawahnya. Hal ini menyebabkan efek pemesinan pemilih yang menyebabkan keausan dini. Coba mulai kebiasaan memegang tuas persneling hanya saat perpindahan gigi supaya menjaga keawetan synchromesh.

2. Mengistirahatkan kaki Anda di pedal kopling

Ini juga merupakan kebiasaan buruk yang masih banyak pengemudi lakukan dengan tidak pernah melepaskan kaki dari pedal kopling.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1627 seconds (0.1#10.140)