Motor Matic Anda Bersuara Kasar? Ini Penyebabnya!

Kamis, 22 Juli 2021 - 15:05 WIB
loading...
Motor Matic Anda Bersuara Kasar? Ini Penyebabnya!
Apabila minim perawatan, maka dapat terjadi kerusakan khususnya pada bagian mesin dan CVT. Foto: dok AHM
A A A
JAKARTA - Motor matic merupakan kendaraan yang di minati banyak kalangan khususnya masyarakat Indonesia.Hal ini disebabkan karena kepraktisan dan kemudahan dalam mengemudikan. Namun terkadang pemilik kendaraan tidak menyadari bahwa motor matic juga butuh perawatan extra.



Apabila minim perawatan, maka dapat terjadi kerusakan khususnya pada bagian mesin dan CVT. Pasti Anda sering menemukan di jalan motor matic orang lain memiliki suara yang kasar.

Maka dari itu berikut ini di rangkum laman resmi Astra motor, mengenai simak hal ini penyebab motor matic besuara kasar dilansir dari PT Astra Honda Motor (AHM):

1. Sabuk Van Belt

Hal ini disebabkan karena sabuk van belt sudah aus. Ciri-cirinya fisiknya akan terlihat karet yang sudah getas ataupun retak-ratak. Jika dibawa jalan makan akan menimbulkan suara kretek-kretek khususnya pada bagian CVT motor Anda. Segera ganti part ini bila di temukan ciri-ciri keausan, apalbila terus digunakan dan tidak dilakukan penggantian maka sabuk van belt akan putus dan menyebabkan motor tidak bisa berjalan.

2. Roller

Ini juga menjadi penyebab suara motor menjadi kasar dan tidak normal. Ini disebabkan karena kondisi roller hancur tak berbentuk yang dapat menimbulkan suara kasar pada mesin. Selain suara yang ditimbulkan kasar ternyata roller yang sudah rusak dapat menurunkan performa mesin Anda.

3. Secondary Sliding Shaves

Part ini jika sudah mengalami keausan maka dapat menimbulkan suara kasar, khususnya pada CVT motor Anda. Bagian inii bertugas untuk mendorong Van belt pada saat motor di gas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4009 seconds (0.1#10.140)