Motor Matic Anda Bersuara Kasar? Ini Penyebabnya!

Kamis, 22 Juli 2021 - 15:05 WIB
loading...
Motor Matic Anda Bersuara Kasar? Ini Penyebabnya!
Apabila minim perawatan, maka dapat terjadi kerusakan khususnya pada bagian mesin dan CVT. Foto: dok AHM
A A A
JAKARTA - Motor matic merupakan kendaraan yang di minati banyak kalangan khususnya masyarakat Indonesia.Hal ini disebabkan karena kepraktisan dan kemudahan dalam mengemudikan. Namun terkadang pemilik kendaraan tidak menyadari bahwa motor matic juga butuh perawatan extra.



Apabila minim perawatan, maka dapat terjadi kerusakan khususnya pada bagian mesin dan CVT. Pasti Anda sering menemukan di jalan motor matic orang lain memiliki suara yang kasar.

Maka dari itu berikut ini di rangkum laman resmi Astra motor, mengenai simak hal ini penyebab motor matic besuara kasar dilansir dari PT Astra Honda Motor (AHM):

1. Sabuk Van Belt

Hal ini disebabkan karena sabuk van belt sudah aus. Ciri-cirinya fisiknya akan terlihat karet yang sudah getas ataupun retak-ratak. Jika dibawa jalan makan akan menimbulkan suara kretek-kretek khususnya pada bagian CVT motor Anda. Segera ganti part ini bila di temukan ciri-ciri keausan, apalbila terus digunakan dan tidak dilakukan penggantian maka sabuk van belt akan putus dan menyebabkan motor tidak bisa berjalan.

2. Roller

Ini juga menjadi penyebab suara motor menjadi kasar dan tidak normal. Ini disebabkan karena kondisi roller hancur tak berbentuk yang dapat menimbulkan suara kasar pada mesin. Selain suara yang ditimbulkan kasar ternyata roller yang sudah rusak dapat menurunkan performa mesin Anda.

3. Secondary Sliding Shaves

Part ini jika sudah mengalami keausan maka dapat menimbulkan suara kasar, khususnya pada CVT motor Anda. Bagian inii bertugas untuk mendorong Van belt pada saat motor di gas.

4. Tutup Rumah roller atau Plastik Slider

Tidak hanya roller saja yang dapat menimbulkan suara berisik pada mesin, ternyata tutup rumah roller atau plastik slider yang sudah aus bisa menjadi sumber suara kasar pada CVT. Segera ganti dengan yang baru, jika tidak maka suara yang di timbulkan makin kasar dan dapat menimbulkan getaran.

5. Kampas kopling

Motor matic pastinya juga memiliki kampas kopling di dalam komponen CVT. Jika kampas kompling mulai abis dan menipis akan menimbulkan suara decitan pada awal motor di gas yang tentunya akan menggangu Anda dalam berkendara. Efeknya jika sedang berkendara di jalan motor Anda akan menimbulkan suara berisik akan tetapi motor tidal ada tenaga

6. Clutch House (mangkok kopling)

Ini merupakan casing pada kopling. Part ini biasanya juga dapat menimbulkan bunyi yang berisik pada mesin saat dijalankan.

7. Gearbox yang sudah aus

Komponen ini juga bisa menyebabkan motor matic kesayangan Anda memiliki suara yang berisik dan tidak ada tenaga saat di gunakan. Hal ini disebabkan karena timbulnya celah antar mata gigi yang sudah tidak presisi lagi.



8. Gaya berkendara yang kasar

Ini juga bia jadi penyebab motor Anda memiliki suara yang kasar. Hindari untuk langsung berakselerasi spontan dari keadaan motor diam. Cara tersebut dapat memperpendek umur pakai komponen baik dalam CVT maupun mesin Anda.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1950 seconds (0.1#10.140)