Truk Hybrid Hyundai Siap Beroperasi di California

Rabu, 28 Juli 2021 - 05:08 WIB
loading...
Truk Hybrid Hyundai Siap Beroperasi di California
Hyundai sudah menyiapkan puluhan truk hybrid untuk beroperasi di California. Foto/dok
CALIFORNIA - Pabrik otomorif asal Korea Selatan, Hyundai sudah menyiapkan puluhan truk hybrid untuk mencoba aspal di California. Saat ini, dua truk hybrid Hyundai Xcient akan melakukan uji coba digunakan di California.

Hyundai sudah memiliki armada 46 truk sel bahan bakar di jalan di Swiss, dan sekarang pembuat mobil telah mengumumkan bahwa mereka akan menyebarkan rig besar sel bahan bakar di California.

BACA: Serius Garap Taksi Udara, Hyundai dan GM Optimistis Beroperasi 2025

Akhir musim panas ini, dua truk Hyundai Xcient akan dimulai dengan program percontohan 12 bulan mengangkut barang di California Selatan. Pada akhirnya, 30 truk sel bahan bakar akan beroperasi pada awal 2023, yang berbasis di California Utara.



Inisiatif ini didanai publik sebagian besar oleh California Air Resources Board, dan armada akan dioperasikan oleh perusahaan swasta, Glovis America. Truk Hyundai Xcient class 8 (traktor-trailer) memiliki jangkauan sekitar 500 mil.

Sebuah stasiun pengisian bahan bakar hidrogen berkapasitas tinggi akan dibangun di Oakland. Motor listrik mereka menghasilkan 350kW (469 tenaga kuda), dan truk juga membawa tiga paket baterai 24,4kWh untuk menyimpan energi.

BACA JUGA: Jeff Bezos Tawarkan NASA US$ 2 Miliar Jika Coret Kontrak SpaceX

Hyundai bukan satu-satunya produsen yang mengerjakan truk berat sel bahan bakar. Nikola dan Iveco mengatakan mereka berencana untuk memiliki truk bertenaga sel bahan bakar di jalan pada tahun 2023, dengan GM dan Navistar meluncurkan truk hidrogen di bawah bendera OneH2 menyusul pada tahun 2024, dan truk tangkas Volvo dan Daimler Truck pada tahun 2025.
(ysw)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE