Ini Penyebab Suara Klakson Motor Tidak Nyaring dan Cara Memperbaikinya

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 11:02 WIB
loading...
Ini Penyebab Suara Klakson Motor Tidak Nyaring dan Cara Memperbaikinya
Selain karena usia kendaraan, ada beberapa faktor lain yang bisa menjadi penyebab suara klakson tidak nyaring atau mati sama sekali. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Klakson pada sepeda motor lambat laun akan mulai berkurang suaranya seiring usia dan pemakaian motor tersebut. Selain karena usia kendaraan, ada beberapa faktor lain yang bisa menjadi penyebab suara klakson tidak nyaring atau mati sama sekali.

Dilansir dari halaman resmi Suzuki, salah satu penyebab suara klakson tidak nyaring adalah aki yang sudah soak. Seperti diketahui, aki adalah salah satu sumber kelistrikan yang digunakan saat menyalakan stater dan klakson.



Aki yang masih normal dapat memberikan suara nyaring dan lantang untuk klakson motor. Sebaliknya, aki yang sudah lemah dapat menyebabkan suara tersebut mulai tidak nyaring dan serak.

Penyebab lainnya, bisa jadi konektor atau soket yang terhubung ke klakson kendor. Ini juga dapat mempengaruhi mekanisme kerja yang dilakukan jaringan konektor.

Jika sudah tahu penyebab klakson tidak nyaring, sekarang Anda tinggal melakukan perbaikan. Namun bila penyebabnya karena aki, mau tidak mau harus segera mengganti aki tersebut. Lain halnya jika penyebabnya karena terlalu banyak debu maupun karat yang mungkin terdapat di konektornya.



Bila kondisi bunyi klakson yang tidak bagus diakibatkan oleh debu dan karat yang terdapat di konektornya, berarti cara untuk mengembalikan suaranya adalah dengan membersihkan konektornya.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2205 seconds (0.1#10.140)