Perhatikan Penyebab Motor Kesayangan Susah Bahkan Tidak Mau Hidup

Senin, 16 Agustus 2021 - 17:05 WIB
loading...
Perhatikan Penyebab Motor Kesayangan Susah Bahkan Tidak Mau Hidup
Motor perlu perawatan secara berkala dan maksimal. Hal itu untuk membuat kondisi motor dapat kembali optimal. Foto: dok SIS
A A A
JAKARTA - Pernahkah Anda merasakan kendaraan susah hidup/starter? Umumnya terjadi ketika secara tiba-tiba ingin digunakan pada pagi hari. Tentu akan sangat merepotkan bila mendadak motor kesayangan tidak bisa menyala.


Karena itu, motor perlu perawatan secara berkala dan maksimal. Hal itu untuk membuat kondisi motor dapat kembali optimal.

Namun bila motor Anda mengalami hal seperti ini, kenali dulu penyebabnya sebelum membawanya ke bengkel. Berikut dirangkum dari laman resmi Suzuki mengenai penyebab motor kesayangan susah bahkan tidak mau hidup:

1. Busi Mati

Ini menjadi penyebab umum bila tidak dilakukan penggantian busi secara berkala. Hal itu disebabkan karena berkurang atau matinya pengapian dalam ruang bakar, sehingga yang terjadi motor susah dan bahkan tidak mau hidup. Gantilah busi secara berkala untuk mencegah pengapian hilang.

2. Aki soak dan bermasalah

Umumnya juga terjadi bisa disebabkan karena motor jarang dipakai dan dipanaskan atau tegangan arus aki sudah habis dan menyebabkan soak. Tidak ada cara selain melakukan pengecasan di toko aki bila didapati itu aki basah atau bisa mengganti dengan yang baru.

3. Masalah injeksi atau karburator

Peranti ini berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar serta udara ke dalam pembakaran silinder ruang mesin.

Jika peranti ini tidak berfungsi dengan normal maka dapat mengakibatkan motor susah dan tidak bisa dihidupkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1357 seconds (0.1#10.140)