Mengenal Komponen Aki Kering dan Basah serta Tips Merawatnya agar Awet

Jum'at, 20 Agustus 2021 - 23:01 WIB
loading...
Mengenal Komponen Aki Kering dan Basah serta Tips Merawatnya agar Awet
Kompene Aki kering dan aki basah. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Accu atau yang lebih sering disebu t aki ini adalah komponen yang wajib ada pada kendaraan bermotor. Baik itu mobil atau sepeda motor membutuhkan aki supaya mesin dapat menyala.

Fungsi utama aki adalah untuk menyimpan daya listrik yang nantinya dibutuhkan kendaraan. Daya listrik digunakan untuk menyalakan starter elektrik, menyalakan fuel pump, hingga suplai arus ke dashboard.

BACA JUGA - Ilmuwan China Pastikan Umat Manusia Akan Berdampingan dengan Covid-19 Selamanya

Oleh karena itulah, pemilik kendaraan tidak boleh menyepelekan perawatan aki. Selain itu, mengenali apa saja komponen aki juga tak kalah penting, karena aki sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu aki kering dan aki basah.

Macam-macam komponen pada aki basah dan aki kering

Secara umum cara kerja aki adalah dengan menciptakan reaksi kimia supaya bisa menghasilkan aliran elektron. Aliran inilah yang bisa menyalakan beban listrik. Reaksi kimia yang diciptakan membutuhkan komponen.

Komponen-komponen inilah yang menjadi pembentuk aki. Baik itu komponen aki kering maupun basah secara umum sama, dilansir dari blog Suzuki, Jumat (20/8/2021).

1. Kotak aki

Bagian paling utama adalah kotak aki yang menjadi wadah semua komponen di dalamnya. Bentuknya sendiri kotak seperti plastik, tetapi menggunakan material khusus yang kuat dan juga keras.

Tujuannya adalah ketika terjadi benturan dari luar maka komponen di dalam kotak aki tidak akan terpengaruh. Biasanya untuk aki kering kotaknya berwarna gelap, sedangkan untuk aki basah berwarna putih transparan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1784 seconds (10.177#12.26)