6 Penyebab Relay Lampu Mobil Mengalami Panas Berlebih

Kamis, 26 Agustus 2021 - 17:05 WIB
loading...
6 Penyebab Relay Lampu Mobil Mengalami Panas Berlebih
Relay lampu mobil yang mengalami panas secara berlebih tentu saja tidaklah baik. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Selain sistem mesin, mobil juga memiliki rangkaian kelistrikan sebagai penunjang performa. Ada berbagai komponen di dalamnya dengan fungsi berbeda-beda. Secara umum, hampir sebagian besar rangkaian tersebut menggunakan sekring dan relay.

Cara memasang relay lampu mobil memang tidak mudah, terutama pada rangakaian relay lampu yang belum tersusun. Agar lampu semakin terang, kabel relay harus disambungkan ke saklar.



Namun, jika daya listrik yang dibutuhkan cukup besar, permasalahan bisa muncul seperti relay lampu yang tiba-tiba panas. Relay lampu mobil yang mengalami panas secara berlebih tentu saja tidaklah baik.

Jika hal ini terjadi, berarti ada masalah yang terdapat di dalam rangkaian tersebut. Berikut 6 penyebab relay lampu mobil mengalami panas berlebih, dilansir dari laman Auto2000, Rabu (25/8).

1. Daya bohlam terlalu besar

Setiap bohlam lampu memiliki daya yang berbeda-beda. Tentunya ada ukuran standar yang bisa dipakai di dalam sebuah mobil. Namun, ketika mengganti lampu bawaan pabrik dengan daya yang lebih besar, maka bisa menyebabkan relay lampu mobil panas.

Contohnya dengan mengganti lampu mobil daya 55/60 watt dengan 90/100 watt. Sebenarnya tidak masalah jika ingin diganti. Namun, karena daya yang dibutuhkan jauh lebih besar, harus ada komponen lain yang wajib diganti agar pemberian daya tetap optimal tanpa membuat relay menjadi panas.

2. Kualitas relay tidak terlalu baik

Relay memiliki berbagai merek dan jenis. Ada yang kualitasnya prima, tapi ada versi kurang baik atau biasa saja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4257 seconds (0.1#10.140)