Selain Servis Rutin, Ini 5 Cara Merawat Motor Baru Agar Tetap Awet

Kamis, 02 September 2021 - 17:05 WIB
loading...
Selain Servis Rutin, Ini 5 Cara Merawat Motor Baru Agar Tetap Awet
Ketika memiliki motor baru, biasanya motor akan mendapat perhatian lebih. Semisal melakukan servis rutin yang wajib dilakukan karena ingin kendaraannya awet. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Ketika memiliki motor baru, biasanya motor akan mendapat perhatian lebih. Semisal melakukan servis rutin yang wajib dilakukan karena ingin kendaraannya awet. Untungnya, setiap sepeda motor baru akan dilengkapi dengan layanan servis gratis yang bisa diakses di bengkel resmi.

Layanan gratis servis selama beberapa bulan tersebut tentu saja harus dimanfaatkan agar motor tetap terawat. Tak hanya motor baru, tetapi motor yang selama ini digunakan juga harus diperhatikan jadwal servis rutinnya.


Tapi bagi pemilik motor baru, sekadar servis rutin tidak cukup. Ada beberapa cara penting lain untuk merawat motor. Berikut 5 cara tersebut, dilansir dari laman Suzuki, Kamis (1/9).

1. Panaskan motor sebelum dikendarai

Saat motor pertama kali tiba di rumah, pemilik perlu untuk menyalakan kendaraan terlebih dahulu. Bahkan bisa langsung mencoba mengendarainya untuk tahu apakah semua fiturnya bekerja dengan baik.

Tak hanya menyalakan motor saat baru tiba, setiap sebelum berkendara sebaiknya panaskan motor terlebih dahulu. Mesin motor yang dingin tentu harus dipanaskan.

Proses pemanasan ini akan membuat mesinnya siap bekerja dan kinerjanya lebih meningkat. Hanya perlu memanaskan motor setidaknya 5 menit sebelum jalan. Cara memanaskan yang benar juga tidak boleh memutar gas berkali-kali.

Cukup diamkan saja motor menyala dan pastikan memanaskannya di ruang terbuka sehingga emisi gas buang tidak memenuhi ruangan. Cukup dengan rutinitas ini saja, motor baru akan lebih awet.

2. Pilih bahan bakar kualitas bagus

Cara merawat motor baru yang kedua adalah soal pemilihan bahan bakar. Saat membeli motor, dealer akan memberikan arahan bahan bakar terbaik. Namun tetap menjadi keputusan pemilik motor mengenai jenis bahan bakar apa yang akan digunakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2984 seconds (0.1#10.140)