Yuk, Bedah Dacia Jogger yang Bisa Jadi Kompetitor Kuat Avanza dan Xpander

Selasa, 07 September 2021 - 19:54 WIB
loading...
Yuk, Bedah Dacia Jogger yang Bisa Jadi Kompetitor Kuat Avanza dan Xpander
Dacia Jogger hadir dengan karakter Low MPV yang sangat disukai masyarakat Indonesia. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Mobil Low MPV bukan mobil yang paling disukai oleh masyarakat Eropa. Uniknya Dacia, perusahaan mobil asal Rumania, baru-baru ini justru merilis sebuah Low MPV yang bentuk dan karakternya justru sangat cocok dengan mobil favorit masyarakat Indonesia yakni Low MPV dengan konfigurasi kursi 7 penumpang.

Dacia memang punya perhitungan sendiri kenapa nekat membuat sebuah Low MPV di pasar Eropa. Pasalnya hingga kini portofolio Dacia sudah cukup lengkap. Mereka punya city car listrik bernama Dacia Spring, mini SUV Dacia Sandero dan medium SUV Dacia Duster.



Kehadiran Dacia Jogger justru makin memperluas model yang ada. Dan yang paling penting Dacia Jogger merupakan langkah awal bagi Dacia untuk memperbarui lini produk yang mereka miliki. "Dua model baru lainnya akan kami luncurkan setelah ini hingga 2025," tulis Dacia seperti dikutip Romania Insider.

Dacia Jogger sendiri rencananya akan dijual di 30 negara di kawasan Eropa. Memang tidak ada salahnya jika membandingkan Low MPV ini dengan Low MPV yang kuat pengaruhnya di Indonesia Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander.

Toh bisa saja Dacia Jogger bisa berubah wujud masuk ke Indonesia melalui tangan Renault yang memang berada dalam satu grup. Dulu kita pernah punya Renault Duster di Indonesia yang di Rumania berganti nama jadi Dacia Duster.

Oke sekarang bagaimana perbandingannnya Dacia Jogger versus Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza terutama perbandingan dimensi, mesin dan daya angkut yang biasanya selalu jadi faktor utama membeli LMPV.

Dimensi
Yuk, Bedah Dacia Jogger yang Bisa Jadi Kompetitor Kuat Avanza dan Xpander


Dacia Jogger meiliki dimensi P x L x T (4.5457 mm x 1.784 mm x 1.632 mm). Wheelbase mobil ini mencapai 2,9 meter. Dimensi ini lebih baik dari Mitsubishi Xpander yakni 4.475mm x 1.750 mm x 1.730 mm. Begitu juga dengan Toyota Avanza dengan dimensi 4.190 mm x 1.660 mm x 1.695 mm. Dacia Jogger memang kalah di tinggi. Hanya saja ukuran panjang dan lebarnya Dacia Jogger jauh lebih besar. Sementara wheelbase Toyota Avanza adalah 2,65 meter sedangkan Mitsubishi Xpander ada di 2,77 meter.

Kapasitas Bagasi
Yuk, Bedah Dacia Jogger yang Bisa Jadi Kompetitor Kuat Avanza dan Xpander


Apa jadinya jika Low MPV tidak memiliki bagasi yang luas. Bagasi Dacia Jogger dengan tiga baris penumpang digunakan mencapai 213 liter. Apabila bangku baris ketiga dilipat maka meningkat jadi 712 liter. Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza memang tidak mencantumkan daya angkut ruang bagasi yang mereka miliki. Hanya saja Mitsubishi Xpander pernah mengklaim bisa mengangku 4 galon air mineral dengan bangku baris ketiga digunakan.


Ground Clearance
Yuk, Bedah Dacia Jogger yang Bisa Jadi Kompetitor Kuat Avanza dan Xpander


Ground clearance Dacia Jogger tidak begitu terpaut jauh dengan Mitsubishi Xpander dimana Dacia Jogger punya ground clearance 200 mm sedangkan Mitsubishi Xpander varian Ultimate punya ground clearance 205 mm. Ground clearance Dacia Jogger sama dengan Mitsubishi Xpander varian GLS dan GLS serta Toyota Avanza.

Mesin
Yuk, Bedah Dacia Jogger yang Bisa Jadi Kompetitor Kuat Avanza dan Xpander


Dacia Jogger punya tiga pilihan mesin yang unik yakni mesin 3 silinder 1.000 cc dengan turbo, mesin TCe 110 perpaduan mesin 1,0 liter 3 silinder dengan LPG dan mesin hibrid yang akan dirilis pada 2023. Mengenyampingkan dua mesin lainnya, mesin 3 silinder 1.000 cc plus turbo cukup bertenaga. Tenaga maksimalnya mencapai 110 daya kuda dan torsi maksimal 200 Nm. Bandingkan dengan mesin 4 silinder Mitsubishi Xpander (103 daya kuda, 115 Nm) dan Toyota Avanza (104 daya kuda, 121 Nm).

Jadi Dacia Jogger memang punya banyak kelebihan yang bisa diunggulkan jika benar-benar datang bertarung ke Indonesia. Hanya saja sepertinya hal itu tidak memungkinkan karena saudara satu perusahaan Dacia, Renault, justru tengah sibuk-sibuknya menjual Low MPV andalan mereka Renault Triber.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2775 seconds (0.1#10.140)