Mobil Sulit Distarter, Begini Cara Jumper Aki yang Benar dan Aman

Sabtu, 11 September 2021 - 15:02 WIB
loading...
Mobil Sulit Distarter, Begini Cara Jumper Aki yang Benar dan Aman
Jika dalam kondisi darurat, cara yang bisa dilakukan ketika mobil sulit distater adalah dengan jumper aki mobil. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Terkadang mobil bisa saja tiba-tiba susah dihidupkan meski distarter berulang kali. Bisa jadi hal tersebut karena adanya gangguan pada aki mobil . Jika dalam kondisi darurat, cara yang bisa dilakukan adalah dengan jumper aki mobil.

Penyebab aki mobil tekor biasanya dikarenakan aki sudah tua atau mungkin saja adanya ketidak sesuaiaan kapasitas pada aki mobil.

Jumper aki mobil bertujuan untuk memancing agar aki yang soak bisa bekerja kembali. Untuk melakukan jumper aki mobil, butuh aki lain yang menjadi pendonor bagi aki yang soak iyu.

Aki bisa berasal dari mobil lain atau aki yang memang sedang tidak digunakan namun dalam kondisi baik. Tapi jumper aki mobil tidak bisa sembarang.



Berikut ini cara jumper aki mobil yang benar dan aman, dilansir dari laman Auto2000, Sabtu (11/9/2021):

1. Mempersiapkan peralatan jumper aki

Cara jumper aki mobil yang pertama adalah menyiapkan segala peralatan yang dibutuhkan. Jumper aki tidak perlu banyak alat, cukup aki dan kabel jumper. Bisa juga menggunakan aki dari mobil lain.

Namun, sebelumnya pastikan aki yang digunakan masih optimal. Artinya, voltase atau daya listrik aki dalam kondisi baik. Ada baiknya juga memilih aki dari mobil yang sejenis. Biasanya, mobil yang sejenis memiliki aki dengan nilai voltase sama.

Setelah menemukan aki yang cocok sebagai donor, persiapkan juga kabel jumper. Kabel yang bisa digunakan sebagai jumper ada banyak pilihannya. Gunakanlah hanya kabel yang sesuai dengan aki mobil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2267 seconds (0.1#10.140)