Cara Memperbaiki Aki Kering yang Lagi Ngedrop

Selasa, 29 Juni 2021 - 22:22 WIB
loading...
Cara Memperbaiki Aki Kering yang Lagi Ngedrop
Ilustrasi Aki Kering. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Masalah aki kering yang ngedrop memang sangat mengganggu karena memberikan dampak negatif cukup besar.

Suplai daya listrik ke komponen lain tidak akan terpenuhi sehingga mengganggu performa mobil.

Oleh sebab itu, penting untuk selalu merawat aki mobil kering secara rutin. Dikutip dari laman Auto2000, Selasa (29/6/2021), berikut ini cara memperbaiki aki kering yang lagi ngedrop.

Tapi sebelumnya, Anda harus lebih dulu mempersiapkan berbagai macam peralatan, seperti air aki, Isolasi berukuran besar, pisau atau gergaji besi, obeng plus, obeng minus, suntikan, kain lap, lem khusus.

Dengan seluruh peralatan di atas, sekarang Anda sudah bisa memulai proses perbaikan aki kering yang ngedrop.

1. Melepas aki kering dari mobil
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melepas aki kering dari mobil. Lepaskan kutub positif di bagian aki, kemudian baru kutub negatif. Ingat, jangan sampai melepas kutub negatif terlebih dulu. Jika melakukan hal itu, akan muncul percikan api dan aliran listrik yang berbahaya untuk keselamatan.


2. Bersihkan permukaan aki kering
Aki kering yang sudah terlepas bisa langsung dibersihkan dari debu dan kotoran. Tidak dapat dimungkiri bahwa kondisi aki kering termasuk gampang kotor karena berada di bagian mesin. Pembersihan ini berguna agar tidak ada kotoran yang ikut masuk ke dalam aki saat proses perbaikan.


3. Buka tutup cover aki kering
Kemudian buka tutup cover dari aki kering yang ada di bagian atas. Manfaatkan pisau atau gergaji besi yang telah dipersiapkan sebelumnya. Lalu kembali menggergaji bagian atas dengan tulisan “Don Not Open”. Begitu juga untuk bagian samping dan belakang dari penutup aki. Lakukan langkah ini dengan hati-hati agar tidak melukai diri sendiri dan komponen aki lainnya.

4. Isi aki dengan air aki

Dilanjutkan mengisi aki dengan air aki yang telah dibeli di toko otomotif. Siapkan air aki, suntikan, dan kain lap untuk memulai proses pengisian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2014 seconds (0.1#10.140)